Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Motivasi Belajar Terhadap Tanggung Jawab Siswa SMK Jurusan Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v8i1.15175Keywords:
Kurikulum Merdeka, Motivasi Belajar, Tanggung JawabAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dan motivasi belajar serta pengaruhnya terhadap tanggung jawab siswa di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan jumlah sampel 80 orang siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka berpengaruh terhadap tanggung jawab siswa. Dari analisis regresi yang dilakukan dengan uji t, diperoleh nilai ttabel sebesar 1,994 dengan taraf signifikansi 0,006. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa adanya pengaruh motivasi belajar terhadap tanggung jawab siswa dengan nilai signifikansi lebih kecil 0,05. Dari hasil temuan mengenai kurikulum merdeka guru perlu menekankan pembiasaan dan tanggung jawab siswa, sehingga pelaksanaan kurikulum merdeka dapat dilaksanakan dengan baik.
References
Ana, R. F. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter pada Siswa Kelas V SDN Kendalrejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. 1(2), 100–109.
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Azmi, C., & Murni, I. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengaruhnya pada Perkembangan Moral Anak SD: Sebuah Kajian Literatur. 06(01), 2540–2548.
Bahri, S. (2017). pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Pengembangan Kurikulum Dasar.
Cahyati, N. (2023). Pengaruh implementasi kurikulum merdeka di paud terhadap tanggung jawab dan disiplin pada anak. 7(2).
Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (n.d.). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. 4(2).
Ibrahim, A. M., Nurpratiwiningsih, L., & Sunarsih, D. (2020). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Dalam Muatan Pkn. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1 (1), 47–55. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7931
Ii, B. A. B., Teori, A. L., & Jawab, T. (2014). Upaya Meningkatkan Sikap…, Anna Nur Fadilah, FKIP UMP, 2016 7. 7–25.
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 02(05). https://lipi.go.id/id/
Lestari, P. A. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 176. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400
Mahanani, H. R. (2022). Survei Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di SD Kanisius Wirobrajan Selama Masa Pandemi Artikel.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Restu, L. W. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Dan Motivasi Belajar Bagi Siswa Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Tegalglagah 04 Bulakamba Brebes. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 653. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54373
Samsudduha. (2023). implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA negri 1 tanjung jabur timur. In implementasi kurikulum merdeka belajar di SMA negri 1 tanjung jabur timur.
Wahid, F. S., Pranoto, B. A., Antika, T., & Ubaedillah, U. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Tanggung Jawab Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6148–6160. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3002
Waruwu. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.