Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Heyzine pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kelas X Akuntansi

Authors

  • Wulan Nawang Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Vivi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i1.15371

Keywords:

E-Modul Interaktif, Heyzine, Dasar-Dasar Akuntansi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul interaktif berbasis Heyzine pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi dan keuangan lembaga kelas X akuntansi dan guna mengetahui kelayakan media yang dibuat. Penelitian ini memakai model pengembangan ADDIE, diantaranya tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Aktivitas uji coba produk dilaksanakan pada 10 orang peserta didik kelas X Konsentrasi Keahlian Akuntansi. Berdasarkan hasil validasi ahli didapatkan kriteria sangat layak pada rata-rata persentase sebesar 95,26% untuk ahli materi, dan persentase kelayakan sebesar 94,29% untuk ahli media. Sementara hasil respon peserta didik didapatkan kriteria sangat baik pada persentase sebesar 97,83%. Maka didapatkan hasil akhir berupa produk e-modul interaktif berbasis Heyzine sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada aktivitas pembelajaran dengan rata-rata persentase kelayakan lebih dari 61%. Penelitian ini terbatas pada materi perusahaan jasa. Sehingga pada penelitian berikutnya bisa dikembangkan pada materi lainnya.

References

Anggreni, F., & Sari, R. (2022). Pendampingan Penyusunan E - modul Menggunakan Aplikasi Heyzine untuk Mendukung Program Madrasah Digital. The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE 2022), 4(4), 262–267. https://conference.metaskrip.com/index.php/icon-uce/article/view/36

Basori, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 75–87. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/211

Eriyanti, I. L., Jumadi, J., Yanarti, Y., Rosiningtias, W., & Zulfaria, H. (2023). Development of Mobile Learning-Based Electronic Student Worksheets with Guided Inquiry Models on Newton ’ s Law Material. Journal of Research in Science Education, 9(8), 5935–5944. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3562

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 43 – 54. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Kismawati, R., Ernawati, T., & Winingsih, P. H. (2022). Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 359–370. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/13507

Mahardika, D. A., Gumilar, A. C., & Retnaningrum, E. (2022). Model Pembelajaran Somatic , Auditory, Visual, Intellectual untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 483–494. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2027

Manzil, E. F., Sukamti, & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112

Mariati. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Games “ Gedutan ” Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Smk - Bm Se- Kota Medan. Seminar Nasional Pendidikan I 2016, 173–190. http://hdl.handle.net/11617/7282

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 03(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Patranita, E. A., Wirahayu, Y. A., Masruroh, H., & Soekamto, H. (2022). Pengembangan suplemen bahan ajar digital kelas X materi penginderaan jauh menggunakan Heyzine Flipbook. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(9), 888–898. https://doi.org/10.17977/um063v2i9p888-898

Pradnyana, I. K. A., Agustini, K., & Santyasa, I. W. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 218–225. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.24

Pratiwi, D. E., Sapti, M., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan e-modul interaktif berbasis etnomatematika dengan konteks alat musik Jamjaneng pada materi geometri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(2), 147–158. https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7638

Pratiwi, V., Bahtiar, M. D., & Hardini, H. T. (2019). MAKSI For ICT-Based Accounting Learning At Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 185–196. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.26013

Puspasari, R., & Suryaningsih, T. (2019). Pengembangan Buku Ajar Teori Graf untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 85–100. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.1.85-100

Putra, A. P., Roebyanto, G., & Arafik, M. (2021). Development of Interactive Web Based Multimedia for Online Learning in Elementary School. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 62–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.010

Putri, D. A., & Pratiwi, V. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif DIGITAX ( Digital Tax Administration Media ) Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(2), 94–105. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n2.p94-105

Qouri, N. R., & Zulherman. (2023). Pengembangan E-Book Berbantuan Heyzine pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(11), 9622–9629. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2591

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (Cetakan 3). Alfabeta.

Roja, L. A., Nas, S., & Gimin, G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 6(2), 110. https://doi.org/10.31851/neraca.v6i2.8720

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 10(1), 87–103. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Sa’diah, Ruhiat, Y., & Sholih. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality Untuk Siswa Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 21–29. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1489

Saamena, T., Moonlight, L. S., Irfansyah, A., & Vandosyen, W. (2023). Design of E-Module Practicum En-Route Flight Information ( EFI ) Course with the Rapid Application Development ( RAD ) Model at Aviation Polytechnic of Surabaya. Proceeding of International Conference of Advance Transportation, Engineering, and Applied Social Science, 2(1), 962–968. https://doi.org/10.46491/icateas.v2i1.1767

Saputri, D., Destiniar, & Murjainah. (2023). Pengembangan Modul Digital Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (SD). GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 1–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/geography

Sari, D. N., Wibowo, A. A., Anggani, N. L., & Kiat, U. E. I. (2022). Peningkatan Kapasitas Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Siswa SMA Inklusi. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 362–371. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1569

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (Cetakan 2). Alfabeta.

Sulastri, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Susanti, Y., Islami, S., Ningrum, W. W. K., Nuryadin, A., & Alim, M. A. bin A. (2023). Development of Interactive E-Module on Learning IPAS. Jurnal Pendidikan, 24(2), 51–60. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.4579.2023

Suwatra, W., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2018). Development of Interactive E-Module for Global Warming to Grow of Critical Thinking Skills. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science (IJAEMS), 4(7), 543–549. https://doi.org/10.22161/ijaems.4.7.7

Talitha, S., Rosdiana, R., Mukhtar, R. H., & Suhilman. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bogor. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 169–177. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.314

Teknologi, M. P. K. R. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Thana, P. M., Nur’aini, K. D., & Suryani, D. R. (2023). Development of Interactive E-Module Based on Papuan Local Wisdom on Basic Mathematics Course. Technium Social Sciences Journal, 49(1), 457–462. https://doi.org/10.47577/tssj.v49i1.9841

Ula, E. M., Paidi, & Jumadi. (2023). Electronic Module Development Science-Based Learning Flipbook Theory System Breathing in Humans for Student Class VIII SMP / MTs. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1593–1599. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1755

Usyanti, N., & Susanti. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Rekonsiliasi Bank Untuk Kelas XI Akuntansi SMK Negeri I Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13021

Utami, R. D., Wibawa, S., & Marzuki. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Educaplay Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Aaturan di Rumah dan Ssekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 2548–6950. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11810

Widya, D. P., & Anggoro, S. (2023). Development Of Interactive E-Book Based On Radec Model Using The Heyzine Flipbook Application in Photosynthesis Materials For Grade Four State Elementary School Of. 1st International Conference on Child Education, 1(1), 421–433. https://proceeding.unimar.ac.id/index.php/icce/article/view/58

Downloads

Published

2024-06-30