Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Artificial Intelligence di SMA Negeri 18 Palembang

Authors

  • Sunarmo Tri Atmojo Universitas PGRI Palembang
  • Januardi Universitas PGRI Palembang
  • Neta Dian Lestari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i2.15499

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Ekonomi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran ekonomi yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ekonomi yang dapat teruji kelayakan, kepraktisan, keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model Robert March ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation) dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ekonomi dinyatakan kelayakan teruji sesuai dengan hasil gabungan dari tiga validator dengan rata-rata 81,66% dengan kategori sangat valid, dan teruji kepraktisan dilihat dari uji coba one to one dengan rata-rata 90% dengan kategori sangat valid dan uji coba small group dengan rata-rata 92,2% dengan kategori sangat valid dan keefektifan terhadap hasil belajar dilihat dari rata-rata field trial pre-test dan post test, maka hasil belajar tersebut menunjukkan hasil peningkatan dengan rata rata 38,5%. Dari perbedaan pre-test dan post-test. Jadi media pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 18 Palembang sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Kbbi. Kemdikbud. Go. id, 2022

Ratnaningrum, I., Jazuli, M., Raharjo, T. J., & Widodo, W. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Seni Berbasis Artificial Intelligency di Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 6, pp. 1204–1209).

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Siahaan, M., Jasa, C. H., Anderson, K., Rosiana, M. V., Lim, S., & Yudianto, W. (2020). Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal of Information System and Technology (JOINT), 1(2), 186–193. Retrieved from https://journal.uib.ac.id/index.php/joint/article/view/4322

Sobron, M., & Lubis. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134

Sugiyono. (2022). Buku Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian pendidikan). (M. T. Dr. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T ., Ed.) (Edisi ke 1). Bandung.

Susanto, C., Nurdiansah, & Bahtiar, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Guru Smkn 1 Gowa Development of Learning Media. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2).

Susanto, E. S., Hamdani, F., Nuryansah, F., & Oper, N. (2022). Pengembangan Aplikasi Smart-Book Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Berbasis Ar (Augmented Reality). Jurnal Mnemonic, 5(1), 64–71. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v5i1.4438

Sutianah, D. R. C., PD, S., & PD, M. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Tamsir, N., Rauf, A., Syahlan Natsir, M., & Syam, A. (2023). Literasi Digital dalam pengembangan media pembelajaran guru SMKN 1 Gowa berbasis AI. Community Development Journal, 4(2), 4636–4643.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nomor 20 Tahun 2003

Ummi Kalsum. (2022). Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Kepada Para Remaja. Procedia Computer Science, 166, 310–314. Retrieved from https://www.binadarma.ac.id

Utomo, I. B. (2023). Pengembangan media ajar berbasis artificial intelligence pada mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika 1 Universitas Teknokrat Indonesia , Bandar Lampung , Indonesia pendahuluan Pembelajaran daring di Perguruan Tinggi dilaksanakan dengan bantuan berba, 6(1), 31–42.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2019). Analisis Resiko Pada Pengembangan Perangkat Lunak Yang Menggunakan Metode Waterfall dan Prototyping. Program Magister Teknik Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta, 3(1), 10–27. Retrieved from https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2024-12-31