Pengaruh Literasi Ekonomi dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMA N 8 Palembang

Authors

  • Pesi Purnama Sari Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang
  • Riswan Aradea Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i1.15690

Keywords:

Literasi Ekonomi, Media Sosial, Minat Berwirausaha

Abstract

Menumbuhkan minat dan semangat berwirausaha pada peserta didik adalah solusi yang tepat untuk mengatasi tingkat pengangguran, melalui pengetahuan literasi ekonomi dan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui adakah pengaruh literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha, 2) adahkah pengaruh pemanfaatan media sosial minat berwirausaha, 3) adakah pengaruh literasi ekonomi dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini jenis kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kasual. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA N 8 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik variabel literasi ekonomi dan pemanfaatan media sosial mempengaruhi minat berwirausaha secara bersamaan. Sedangkan literasi ekonomi secara parsial mempengaruhi  minat berwirausaha. Dan variabel pemanfaatan media sosial secara parsial mempengaruhi minat berwirausaha.

References

Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Palembang: Bening Media Puslishing.

Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern . Palembang: Bening Media Puslishing.

Alimah, M. (2021). minat berwirausaha generasi milenial ditinjau dari konsep diri, edukasi islam, dan lingkungan pada siswa MA NU Matholi'ul Huda Kudus. doctoral dissertation, IAIN Kudus. Retrieved from http://repository. iainkudus.ac.id/id/eprint/6785

Badan Pusat Statistik. (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia Per Februari. Retrieved from https://databoks.katadata.co. id/datapublish/2024/05/07/pengangguran-indonesia-berkurang-jadi-72-juta-orang-awal-2024

Choirudin, A. (2023). Literasi Keuangan. Padang : PT. Global Eksekutif Teknologi .

Dinar, M., Ahmad, I. S., & Hasan, M. (2020). Kewirausahaan. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Dinar, M., Ahmad, I. S., & Hasan, M. (2020). Kewirausahaan. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Hodsay , Z., Amrina, d. e., zamhari , A., Rachmawati , D. W., Masnunah, Sari, N. P., . . . Pratiwi , N. (2022). Kewirausahaan. Palembang: CV.Amanah.

Hodsay, Z. (2021). Pengaruh Manajemen Keuangan Keluarga dan Hasil Belajar Kewirausahaan Pada Era Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Berwirausaha. Jurnal Necara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, Vol 5, No 1, 91-103. doi:https://doi.org/ 10.31851/neraca.v5i1.5890

Jerni, Tahir, T., Hasan , M., Rahmatullah , & Said , I. (2021). pengaruh literasi ekonomi dan literasi digital terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Indonesia journal of economics, enterpreneurship and innovation, Vol. 2, No.1, 18-27. doi:https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038

Maharani , A., & Yohana , C. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Kreativitas, dan Kecerdasan Emosional terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di Jakarta. Jurnal bisnis, manajemen, dan keuangan, Vol 3, No.3, 750-768. doi:https://doi.org/10.21009/ jbmk.0303.11

Nasrullah, R. (2023). Media Sosial (Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung .

Nasrullah, R. (2023). Media Sosial (Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Nurhayati, D. (2021). Literasi Ekonomi (Theory and Research). CV. pena persada.

Putri, I. N., & Sakti, N. C. (2023). Pengaruh literasi ekonomi dan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha peserta didik. Jurnal Riset pendidikan ekonomi, Vol. 8, No.2, 162-179. doi:https://doi.org/10.21 067/jrpe.v8i2.8799

Rachmawati & Maulana. (2022). Kewirausahaan. Bandung: Grup Penerbit Yayasan Azka Hafidz Maulana.

Rachmawati , I., Ariyanti, M., & Millanyani, H. (2021). Pemasaran melalui media sosial (untuk usaha mikro kecil menengah). Bandung: Tel-U Press.

Rahmawati, A. (2022). Pengaruh Sosial Media dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta). Retrieved from http://repository.unj.ac.id/id /eprint/34894

Riadi , S., Gitting, M., & Darus , P. (2022). Pelatihan Literasi Ekonomi Untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Pada Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Swasta Mustafa Perbaungan. Jurnal Abdimas Mutiara, Vol. 3, No.2, 222-227.

Ridwan, m., dewi, m., mulyani, s. r., pratiwi, h., rani, l. n., mardison, . . . sari, v. n. (2020). Kewirausahaan. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.

Supriyanto, S. (2016). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Percaya Diri dan Literasi Ekonomi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMPN di Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan kewirausahaan, Vol 4, No 2, 173-192. doi:https://doi.org/10.26740 /jepk.v4n2.p173-192

Susilawaty, e. a. (2022). pengaruh pendidikan kewirausahaan dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. journal of business administration.

Susilawaty, e. a. (2022). pengaruh pendidikan kewirausahaan dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa. journal of business administration, Vol 2, No 1, 1-15. doi:https://doi.org/10. 31963/jba.v2i1.3432

Wahida, a., & Madrianah. (2023). pengaruh literasi ekonomi dan penggunaan media sosial instragram terhadap minat mahasiswa berwirausaha. AkMen: Jurnal Ilmiah , Vol 20, No 1, 84-93. doi:https://doi.org/10.37476/ akmen.v20i1.3757

Watung, S. R. (2022). literasi ekonomi dan modernitas terhadap perilaku konsumtif mahasiswa . CV. bintang semesta media.

We Are Social. (2024). Pengguna Platfom Media Sosial Terbanyak 2024. Hootsuite. Retrieved from https://wearesocial-com.translate. goog/id/blog/2024/01/digital-202 4-5-billion-social-media-users/?_ x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Wirawan, y. r., & Pupitaningsih, f. (2019). pengaruh literasi ekonomi dan pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI komputerisasi keahlian administrasi perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran 2017/2018. EQUILIBRUM :jurnal ilmiah ekonomi dan pembelajarannya , Vol 7, No 2, 106-115. doi:http://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4787

Downloads

Published

2024-06-30