Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Case Method

Authors

  • Dian Eka Amrina Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Akbar Budiman Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i1.16217

Keywords:

Validitas, Praktikalitas, Lembar Kerja Mahasiswa, Case Method

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa mahasiswa program studi pendidikan ekonomi terkategori sangat membutuhkan LKM berbasis case method untuk menumbuhkembangkan High Order Thinking Skills (HOTS) pada mata kuliah ekonomi mikro yaitu sebesar 83%. Penelitian ini bertujuan menguji validitas dan praktikalitas LKM berbasis case method guna menumbuhkembangkan HOTS mahasiswa pada mata kuliah ekonomi mikro. Penelitian ini menggunakan model Pengembangan ADDIE. Sampel penelitian ialah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya kampus Palembang angkatan 2021 berjumlah 14 orang mahasiswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan Angket dan di analisis dengan rumus persentase. Validasi ahli menunjukkan LKM yang dikembangkan terkategori sangat valid yaitu 90% untuk media, 90,6% untuk materi, dan 87,5% untuk bahasa. Selain itu, LKM berbasis case method ini juga teruji praktikalitasnya dengan kategori praktis baik dari uji coba kelompok kecil dengan rata-rata sebesar 88,25 dan kelompok sedang dengan rata-rata sebesar 85,4. Hasil penelitian ini menjadi dasar untuk melihat efektifitas LKM berbasis case method yang sudah dikembangkan.

References

Aldresti, F., Erviyenni, & Haryati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan mahasiswa Elektronik (e-LKM) berbasis Collaborative Learning untuk Mata Kuliah Dasar-dasar Pendidikan MIPA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 292-299. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.292-299

Amrina, D. E., Budiman, M. A., & Simarmata, H. R. (2023, Desember). Analisis Kebutuhan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Case Method untuk Menumbuhkembangan HOTS. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 7(2), 594-604. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i2.21134

Andayani, E., Mustikowati, R. I., Setiyowati, S. W., & Firdaus, R. M. (2022). Case Method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skill dan Collaboratively Mahasiswa sesuai MBKM di Era Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 16(1), 52-60.

Falah, M., & Naufal, H. (2020). Lembar Kerja Mahasiswa sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menganalisis Soal Eksponen Bertipe HOTS. Seminar nasinal Pendidikan Matematika (pp. 301-312). Pekalongan: Unversitas Pekalongan.

Febriani, M. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa untuk meningkatkan Keaktifan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 203-212. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4482

Murtalib, Gunawan, & Syarifuddin. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik Interaktif Berbantu Live Worksheet pada Perkuliahan Daring. Supermat, 6(2), 130-145. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.918

Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting , A. (2020). Developing Biology Student Worksheets Based on STEAM to Empower Science Process Skills. JBPI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147-156.

Prastowo, A. Y. (2023, Agustus). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Case Method pada mata Kuliah Profesi Kependidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1859-1864. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1451

Pratiwi, S. G., & dkk. (2023, Februari). Panduan Implemenasi Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa. Retrieved from Dikti Kemdikbud: https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/05/Buku-Panduan-Implementasi-Pembelajaran-Berpusat-pada-Mahasiswa.pdf

Putri, Y. A., & Zulyusri. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1-11. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v4i2.11891

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Silangen, P. M., Fitrianingrum, A. M., & Korompis, F. L. (2023, Juni). Manajemen Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif pada Mata Kuliah Termodinamika. SCIENING: Science Learning Journal, 4(1), 46-51.

Suryani, M. (2015). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Discovery pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Sumatera Barat. Lemma, 1(2), 28-36.

Syam, S., & Yunus, N. M. (2020). Pengembangan LKM Berbasis Masalah pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Biogenerasi, 5(2), 29-37.

Werdiningsih, D., Sunismi, & Wahyuni, S. (2021). Pembelajaran Aktif dengan Case method. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Wicaksana, E. J., & Natalia, D. (2023). Pengembangan e-LKM Berbasis Case Method untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa dalam Menyusun Instrumen Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1078-1086. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1128

Wosparik, F., Sundari, S., & Musharyanti, L. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Case Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 30-37. https://doi.org/10.31101/jhes.515

Downloads

Published

2024-06-30