Analisis Program Adiwiyata Pada Implementasi Pembelajaran Green Economy dalam Menumbuhkan Karakter Ecologycal Literacy OKU Timur

Authors

  • Khafid Ismail Universitas Nurul Huda
  • Miftakhur Rohmah Universitas Nurul Huda
  • Rafika Rahmadani Universitas Nurul Huda
  • Nuri Liana Sari Universitas Nurul Huda
  • Afifah Azmiyati Universitas Nurul Huda

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i2.16755

Keywords:

Adiwiyata, Pendidikan, Green Economy, Karakter, Ecologycal Literacy

Abstract

Maraknya isue pencemaran lingkungan berdampak pada sumber daya alam (SDA) yang menjadi perhatian penting diseluruh dunia.  Implementasi pendidikan Green Economy yaitu merupakan pembelajaran untuk pembangunan berkelanjutan (education for sustainable development). Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui bagaimana program adiwiyata pada implementasi pembelajaran green economy dalam menumbuhkan karakter ecologycal literacy di Kabupaten Oku Timur, 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung keberhasilan pembelajaran green economy dalam menumbuhkan karakter ecologycal literacy pada program Adiwiyata di OKU Timur. Penelitian ini merupakan mixed method, tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data Triangulasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa program Adiwiyata tidak hanya berkontribusi pada peningkatan karakter ecological literacy di kalangan siswa tetapi juga mendorong kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga lingkungan di masyarakat. Di SMP N 3 BP Peliung implementasi pendidikan green economy dalam menumbuhkan karakter ecological literacy sudah maksimal melaksanakan program pendidikan lingkungan, karena dapat kita ketahui terdapat siswa/siswi yang memiliki minat dan pengetahuan cukup tinggi mengenai pendidikan lingkungan selain itu banyak bagian siswa/siswi di sekolah tersebut mampu memahami dan mengerti dengan baik tentang pengetahuan lingkungan yang dikategorikan mulai dari yang rendah dengan total 37,50%, sedang 50,00%, dan tinggi 87,50%.  Maka dari itu program ini sangatlah sangat tepat dilaksanakan dan dikembangkan lebih maju lagi di sekolah tersebut karena seluruh siswa/siswi nya sudah mampu memahami dan mengerti dengan baik tentang pengetahuan lingkungan, baik dalam menjaga, melestarikan dan memanfaatkan lingkungan maupun hasil alam.

References

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.21070/pedagogia. v2i1.50

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Alhamda, F. N., & Megawati, S. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 3 Jombang. Publika, 9(3), 335-344.

Anggraeni, I. (2024). Pembelajaran Ecoliteracy Pada Anak Usia Dini. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Aviyanti, R. D. (2022). Peran Jurusan Green Economy dapat Mewujudkan Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan: Green Economy. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6 (2), 1336-1341.

Creswell, John W.; Poth, C. N. (2002). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta. PT Pustaka Pelajar.

Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61-64.

Deswari, N., & Supardan, D. (2016). Upaya Peningkatan Environmental Literacy Peserta Didik di Sekolah Adiwiyata (Studi Inkuiri Naturalistik di SD Negri 138 Pekanbaru). Jurnal Socius, 5(2).

Gynawan, Z. P., Harmi, H., & Meldina, T. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Ekoliterasi Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Pengelolaan Limbah Sampah Kelas V di MIS 01 Kepahiang. (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, 4(1), 42-52.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup. (2009). Panduan Adiwiyata (Wujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Republik Indonesia.

Kementrian Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.2 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Adiwiyata. Jakarta. Republik Indonesia.

Miranto, S. (2017). Integrasi KonsepKonsep Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah. Edusains, 9 (1), 81–88. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.5364

Mukminin, A. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227-252.

Nizaar, M., & Si, M. P. (2022, August). Green Education untuk Mengembangkan Karakter Entrepreneurship Siswa Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPM) Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 4, No. 1, pp. 6-15).

Nurbika, D., & Aly, H. N. (2023). Desain Kurikulum Berdasarkan Dimensi Horizontal & Dimensi Vertikal Untuk Penyempurnaan Kurikulum Pengajaran di Indonesia. Multilingual: Journal of Universal Studies, 3(1), 120-124.

Nurlaili, E.I., Wahjoedi, S. U. M. W. (2016). Menumbuhkan Perilaku Ekonomi Berwawasan Lingkungan Warga Sekolah Melalui Program Adiwiyata. National Conference On Economic Education, 434–446. http://pasca.um.ac.id/conferences/in dex.php/ncee/article/view/735

Pemerintah Republik Indonesia. (1997). Undang Undang Nomor 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. In Lembaran Negara Republik Indonesia 1997 (Issue 1). Republik Indonesia. http://ciptakarya.pu.go.id/dok/huku m/uu/uu_23_1997.pdf

Rachman, I., Muarif, S., Santuso, E., Rahayu, I., Dahlia, K. P., Raharjo, S., & Matsumoto, T. (2017). Keberhasilan Sekolah Meraih Gelar Adiwiyata Dapat Meningkatkan Kesadaran Ramah Lingkungan Siswa dalam Hemat Energy (Study Case: SMA Negeri 8 Serang Banten). Pedagogia, 15(1), 39-48.

Rahmadiani, R., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Ecological Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non Adiwiyata. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 499-503.

Samri, F. (2016). Membangun Siswa Sadar Lingkungan Melalui Integrasi Lingkungan Hidup ke dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Mewujudkan Sekolah Bersih dan Hijau. 1st Annual Proceeding, 2016, 65–76.

Sunarsih, L. E. (2018). Penanggulangan Limbah. Deepublish.

Timur, T. H. D. O. (2021, October). Ogan Komering Ulu Timur 7 Sekolah di OKU Timur dapat Tropy Adiwiyata. 1. https://www.okutimurkab.go.id/7sekolah-di-oku-timur-dapat-tropyadiwiyata.html//:~:text=KetujuhsekolahyangmendapatkanTropy,danSMANegeri1Belitang.

Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60-73.

Downloads

Published

2024-12-31