Penyampaian Media dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan CSR di Indonesia

Authors

  • Dwirini Dwirini Universitas Terbuka
  • Rini Subekti Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i2.17214

Keywords:

CSR, Penyampaian Media, Ukuran Perusahaan, Return On Sales Ratio, Debt To EBITDA Ratio dan Fitur Perusahaan

Abstract

Studi ini menemukan bahwa banyak perusahaan di Indonesia telah menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menjangkau dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Perusahaan yang tidak melakukan CSR berisiko menunjukkan citra yang buruk secara sosial dan lingkungan. Karena pelanggaran mereka terhadap peraturan, perusahaan juga akan berurusan dengan hukum. Berdasarkan standar peraturan pengungkapan yang berlaku, pengungkapan tanggungjawab sosial (CSR) adalah penyediaan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang sudah melaksanakan tanggung jawab sosialnya, yang bermanfaat bagi operasi bisnis dan kegiatan produksi mereka. Studi ini menyelidiki 30 perusahaan yang bergerak di aneka industri dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun berturut-turut dari 2018 hingga 2022. Metode pengambilan sampel purposive digunakan. Software SmartPLS 4 digunakan untuk menganalisis data partial least square (PLS). Menurut penelitian ini, penyampaian media dan return on sales ratio meningkatkan pengungkapan CSR. Variabel lainnya ukuran perusahaan (size), Debt to EBITDA, dan fitur perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.

References

Adhi, B. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) (Studi Pada Bank Di Indonesia Periode Tahun 2007-2008). Business, 219–242.

Adnantara, K. (2014). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Dan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan. Buletin Studi Ekonomi, 18(2), 107–113.

Annisa, I. N., & Nazar, M. R. (2015). Pengaruh Struktur Kepemilikan dengan Variabel Kontrol Profitabilitas, Umur, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2011-2013 ). E-Proceeding of Management, 2(1), 313–322.

Edison, A. (2017). Struktur Kepemilikan Asing, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Pengaruhnya Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr). Bisma, 11(2), 164.

Erawati, T., & Sari, L. indah. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba Dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan CSR (Studi Empiris Perusahaan manufaktur subsektor Food and Beverage yang Tercantum di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019).

Fahrizqi, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan. Disability and Rehabilitation, 20(1), 87–108. https://doi.org/10.1016/j.drugpo.2018.05.002%0A.

Fama, E. F., Jensen, M. C., Journal, S., & A, P. P. (2009). Separation of Ownership and Control.

Florida, N., López, C., & Pocomucha, V. (2012). CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 2(2), 35–43.

Hasibuan, M. R. (2001). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Sosial (Social Disclosure) dalam Laporan Tahunan Emiten di BEJ dan BES, Tesis, Universitas Diponegoro.

Hitipeuw, S. D., & Kuntari, Y. (2020). Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas, dan Media terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Management & Accounting Expose, 3(1), 40–51. https://doi.org/10.36441/mae.v3i1.135

Ikatan Akuntan Indonesia. (2019). Penyajian Laporan Keuangan. Penyajian Laporan Keungan, 1, 24.

Ngadiman, N., & Puspitasari, C. (2017). Pengaruh Leverage, Kepemilikan Institusional, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2010-2012. Jurnal Akuntansi, 18(3), 408–421. https://doi.org/10.24912/ja.v18i3.273

Patricia, M. (2014). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Set Kesempatan Investasi, Dan Arus Kas Bebas Terhadap Kebijakan Utang Perusahaan. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Pearce II, J. A. dan R. R. B. J. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan pengendalian.

Pemerintah Republik Indonesia. (2019). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pohan, H. T. (2019). Analisis Pengaruh Kepemilikan Institusi, Rasio Tobin Q, Akrual Pilihan, Tarif Efektif Pajak, Dan Biaya Pajak Ditunda Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Publik. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, Dan Keuangan Publik, 4(2), 113. https://doi.org/10.25105/jipak.v4i2.4464

Rachim, N., Fahria, R., & Darmastuti, D. (2021). Pengaruh media exposure, kinerja keuangan, dan tax avoidance terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Business Management, Economic, and Accounting , 2(Idx), 915–927.

Reni, F., & Anggraini, R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan. Pengungkapan Informasi Sosial Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial Dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Bursa Efek Jakarta), 21, 23–26.

Rustiarini, N. I. W., & Akuntansi, J. (2011). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham Pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 6(1).

Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v1i2.1002

Sembiring, E. R. (2006). JMAKSI_Jan_2006_05_Edy_Rismanda_Sembiring.pdf. In Maksi (Vol. 6).

Tanihatu, A. R. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Maneksi, 5(1), 6–11.

Watung, R., & Ilat, V. (2016). Pengaruh Return on Asset (Roa), Net Profit Margin (Npm), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Riset Ekonomi.

Smith, Joe. (1999). One of Volvo's core values. [Online] Available: http://www.volvo.com/environment/index.htm

Strunk, W., Jr., & White, E. B. (1979). The elements of style (3rd ed.). New York: Macmillan, (Chapter 4).

Van der Geer, J., Hanraads, J. A. J., & Lupton R. A. (2000). The art of writing a scientific article. Journal of Scientific Communications, 163, 51-59

Downloads

Published

2024-12-31