Peningkatan Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian Melalui Metode Peer Tutoring di SMK Negeri 1 Sekayu

Authors

  • Nur Rohma Wati Univwesitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i2.17265

Keywords:

Tutor Sebaya (Peer Tutoring), Hasil Belajar, Jurnal Penyesuaian, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan strategi tutor sebaya guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian. Pada penelitian ini, digunakan dua siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sekayu. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan ujian hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa meningkat drastis dari 63,60% pada siklus I menjadi 83,00% pada siklus II. Selanjutnya, persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 16 persen menjadi 83 persen. Tutor sebaya tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tetapi juga memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok, lebih aktif, dan berpikir kritis. Dengan demikian, pendekatan ini dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada materi jurnal penyesuaian sekaligus berhasil membangun lingkungan belajar yang menarik dan mendukung

References

Aghniyah, L., & Jumari, J. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Kemandirian Melalui Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya) Di SMK Sultan Agung 1 Tebuireng. Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(4), 784–791.

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. In CV.Kaaffah Learning Center (Vol. 162, Issue 2188).

Hatijah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Cerita Ber Gambar Pada Siswa Kelas 1 Sdn 29 Remba Kedokok. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3), 98–107.

Limadi, P. A., & Susmiarti. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Tari Kelas X1 SMA Negeri 5 Padang penguasaan dan penyerapan informasi dalam ranah kognitif , efektif , dan psikomotorik melalui sesuai dan mampu menjabarkan mi. 1(4).

Mahdhalena, E. Y., Febriyanti, A., & Abadi, M. (2023). Implementasi Metode Tutor Sebaya Model Behavioristik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 7 SMAN 3 Taruna Angkasa. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 204–209. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1199

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Massri, A., Kusumawardhana, M., Sahriya, Y., & Santoso, B. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. 5(3), 1289–1298.

Melinda, T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Jurnal Penyesuaian pada Mata Pelajaran Ekonomi. 31–44.

Muhammad, Z., Wardhan, S., & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Genetika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Peer Tutoring. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 13(1), 104–116.

Musfiroh, L. H., Nichla, S., Attalina, C., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengaruh Metode Peer Tutoring Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Sdn 8. 11(2), 84–96.

Pamuji, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring Menggunakan Buku Saku Digital Terhadap Kumampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik UPTSMPn 35 Bandar Lampung. 1–23.

Setiawati, ana agung. (2023). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dengan Pemodelan Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Akl E Smk Negeri 1 Singaraja Semester Ii Tahun Pelajaran 2022/2023. 10(1), 51–65.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Thurston, A., Cockerill, M., & Chiang, T. H. (2021). Assessing the differential effects of peer tutoring for tutors and tutees. Education Sciences, 11(3), 1–12. https://doi.org/10.3390/educsci11030097

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wakini, W. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Sma Negeri 1 Koto Besar Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 233–246. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.148

Waruwu, M. (2023). Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PPKN di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Downloads

Published

2024-12-31