Literasi Digital, Bazar (Market Day) dan Lomba Entrepreneurship Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa

Authors

  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang
  • Nuryanti Permatasari Universitas PGRI Palembang
  • Hendri Gunawan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i2.17753

Keywords:

Literasi Digital, Bazar, Lomba Entrepreneurship, Minat Berwirausaha

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh literasi digital, bazar (market day) dan lomba entrepreneurship terhadap minat berwirausaha mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang. Populasi penelitian ini mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang semester genap tahun akademik 2023/2024 yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan sebanyak 750 orang. Sampel berjumlah 260 orang. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi dan angket (kuesioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh literasi digital terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Demikian juga terdapat pengaruh lomba entrepreneurship terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Namun, bazar (market day) tidak memberikan pengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Secara simultan ada pengaruh literasi digital, bazar (market day) dan lomba entrepreneurship terhadap minat berwirausaha mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang

References

Al-Fauzan, S. (2006). Fiqih Sehari-Hari. Gema Insani Press.

Almi, S. N., & Rahmi, E. (2020). Pengaruh Digital Literacy Terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era-digital Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 3(2), 242. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i2.8829

Amihardja, S., Kurnia, N., & Muda, Z. (2022). Lentera Literasi Digital Indonesia: Panduan Literasi Digital Kaum Muda Indonesia Timur (Issue March 2022).

Arikunto, S. (2013). Manajemen penelitian Edisi Revisi. Rieneka Cipta.

Baehaqi, I. (2020). Metode Perlombaan dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 74–93.

Benaziria, B. (2018). Pengembangkan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8331

Budimanr, A. (2011). Arif Budiman. https://lib.unnes.ac.id/5448/

Cumming, D. J., Nguyen, G., & Nguyen, M. (2022). Product market competition, venture capital, and the success of entrepreneurial firms R. 144. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2022.106561

Daniel Ginting, Delli Sabudu, Dian Indrianis Fitri, Fahmi, Nining Ismiyani, Y. S. M. (2021). Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Abad ke - 21. MNC Publishing.

Dinar, M., M. S., Ahmad, M.IS., & Hasan, M. (2020). Kewirausahaan. Penerbit Media Sains Indonesia.

Dosen, T. I. M., & Kewirausahaan, M. K. (n.d.). Tim Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.

Fadhila ALya Herdianty, D. P. dan S. (2024). Neraca. 1192(2023), 304–317.

Feri Sulianta. (2020). Buku Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies oleh Feri Sulianta. June. https://www.researchgate.net/publication/341990674

Hisanan, H., & Wati, F. W. (2024). Economics and Digital Business Review Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. 5(2), 721–728.

Imjai, N., Promma, W., Usman, B., & Aujirapongpan, S. (2024). International Journal of Information The intertwined effects of digital literacy, agile mindset on design thinking skill and management control competency: Insights from Thai young accountants. International Journal of Information Management Data Insights, 4(2), 100244. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2024.100244

Maulana, R. dan A. (2022). Kewirausaaan, Merubah Permasalahan Menjadi Tantangan, Peluang dan Solusi. Grup Penerbit Yayasan Azka Hafidz Maulana.

Nurhayati, E. C., & Nurhayati, E. C. (2018). Pengaruh Market Day (Bazar) Terhadap Membangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa Unsiq Jawa Tengah Di Wonosobo. 1(2), 1–16.

Nurilhuda, I. F., & Fauziah, S. (2023). Menanamkan Jiwa Kewirausahaan melalui Sosialisasi Kewirausahaan dan Lomba Kreativitas Wirausaha tingkat SD/MI di Desa Pakel. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2141–2146.

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737

Olokundun, M., Moses, C. L., Iyiola, O., Ibidunni, S., Ogbari, M., Peter, F., & Borishade, T. (2018). Data in Brief The effect of non traditional teaching methods in entrepreneurship education on students entrepreneurial interest and business startups : A data article. Data in Brief, 19, 16–20. https://doi.org/10.1016/j.dib.2018.04.142

Paramitasari, N., Emilia, P., Yusendra, M. A. E., & Asnusa, S. (2024). The Effect of Entrepreneurial Literacy, Digital Literacy and Social Media Use on the Entrepreneurial Interest of High School Students. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 302. https://doi.org/10.31000/combis.v6i2.11336

Purnama S. P., Hodsay, Z., & Aradea, R. (2024). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMA N 8 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.31851/neraca.v8i1.15690

Rahman, R. (2024). Pengaruh Literasi Digital, Pendidikan Kewirausahaan, dan Kompetensi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Berbasis Digital. Edunomics Journal, 5(1), 126–138. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/view/14643%0Ahttps://e-journal.upr.ac.id/index.php/edu/article/download/14643/6076

Ramadhan, G. M. . (2021). Pengaruh Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa PGSD dalam Memanfaatkan Google Apps Terhadap Perilaku Conten Evaluation. Journal of Elementary Education, 04(06), 958–967.

Rukayah, R. S. (2012). Bazaar in Urban Open Space as Contain and Container Case study : A lun-alun Lama and Simpang Lima Semarang , Central Java , Indonesia. 50(July), 741–755. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.077

Schmitt-rodermund, E. (2004). Pathways To Successful Entrepreneurship : Parenting, Personality, Early Entrepreneurial Competence, And Interests. 65, 498–518. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2003.10.007

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan). Alfabeta.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat.

Ummah, M. S. (2019). Fikih Kontemporer. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Wafa, H., Jannah, F., Andayani, S., Tjahyadi, I., & Sutrisno, A. (2023). Pemanfaatan Metode Kompetisi dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Pendidikan Anak Usia Dini. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4430–4434.

Wahyuni, R. S., Juniarti, A., & ... (2022). Pengaruh Kegiatan Market Day Sejak Dini Terhadap Minat Entrepreneur di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cendekia Taka. 4874, 15–18. http://jurnal.fakultasekonomiunikaltar.ac.id/index.php/inkam/article/view/4%0Ahttp://jurnal.fakultasekonomiunikaltar.ac.id/index.php/inkam/article/download/4/5

Yanny, A. (2023). Pengaruh Bazar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Budi Darma. 03, 212–220.

Zunaedy, M., Aisyah, S., & Ayuningtyas, T. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 STKIP PGRI Lumajang Tahun Akademik 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6 (1), 47–59. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5294

Downloads

Published

2024-12-31