ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KOTA PALEMBANG

Authors

  • Neta Dian Lestari

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190

Keywords:

Penerapan Kurikulum 2013, Meningkatkan Kualitas, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Indonesia adalah negara yang selalu berusaha mengikuti perkembangan Era Global dan persuasi, setiap pergantian Kepala Negara (Presiden) juga Pergantian Menteri Pendidikan Perubahan Kurikulum pun dilakukan. Permasalahan yang dihadapi adalah, Kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan, hingga akhirnya kurikulum baru lahir pada tahun 2013 yang merupakan kurikulum berdasarkan kompetensi dan karakter. Menjadi bermasalah di setiap sekolah, khususnya di Sekolah Umum di Kota Palembang. Sesuai dengan permasalahannya, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis "Bagaimana Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri-Palembang". Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan dan peningkatan pembelajaran ekonomi di SMA Negeri Kota Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada saat pembelajaran guru telah menerapkan kurikulum 2013, terbukti dari 95,83% sesuai dengan pedoman Kurikulum yang dibuat oleh Pemerintah berjalan dengan baik, dan hanya 4,67% yang cukup sesuai.

Kata Kunci:: Penerapan Kurikulum 2013, Meningkatkan Kualitas, Pembelajaran Ekonomi

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.jakarta : PT Rineka Cipta .

Edi Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenadamedia Group.

Fadlillah, M 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E 2015. Pengembangan dan Implementasi akaurikulum 2013.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset.

Permendikbud. 2016. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Kunandar, 2013. Penilaian auntentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sani,Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Sugiyono, 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/197607312001121-ADE_SUTISNA/SEJARAH_PERKEMB.__KURIKULUM.pdf.

Downloads

Published

2018-12-07