HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v1i2.2207Keywords:
Status Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar Mahasiwa, Pendidikan AkuntansiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semeseter 8 angkatan tahun 2013 yang masih aktif kuliah berdasarkan Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir berjumlah 73 mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan primer dengan tekhnik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi menggunakan alat bantu Statistical Product and Service Solutions (SPSS ver. 24.0). Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis melalui statistik korelasi Kendall’s Tau dan Spearman’s Rho dengan bantuan SPSS 24.0 menunjukkan tidak ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan karena status soasial ekonomi orang tua baik dari indikator pendidikan, pekerjaaan, dan penghasilan  berada pada kategori rendah dan sangat rendah, sehingga mendorong mahasiswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan harapan setelah mereka lulus bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari orang tuanya dengan begitu status sosial ekonomi keluarga akan meningkatReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cleopatra, Maria. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal Formatif. Volume 5, Nomor 2, 2015. Hal 168-181 ISSN:2088-351X. (Online) dari http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/336/321, diakses, 27 Maret 2017.
Komara, Indra Bangkit. 2016. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Hasil belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia. Vol. 5, No. 1, Hal. 33-42. ISSN 2301-6167. (Online) dari http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA, diakses 21 Maret 2017
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Sudjana, 2009. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sufren dan Yonathan Natanael. 2014. Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta: Elex Media Komputindo
Sugihartono,dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________. 2011. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukirno, Sadono. 2012. Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Usman, Sunyoto. 2004. Sosiologi Sejarah, Teori dan Metodologi. Yogyakarta: CIRED.
Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.