IMPLEMENTASI MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KESEHARIAN MAHASISWA FKIP AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Hendri Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v1i2.2209

Keywords:

Akuntansi Manajemen, Mahasiswa Kos, Program Studi pendidikan Akuntansi Universitas PGRI PAlembang

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan akuntansi Universitas PGRI Palembang. Berdasarkan pengamatan peneliti, banyak dari mahasiswa FKIP akuntansi yang merupakan mahasiswa kos (mengontrak) dimana mereka selalu memiliki jumlah uang yang selalu diterimanya untuk perbulannya. Seringkali penggunaan uang mahasiswa tersebut direncanakan dan digunakan hanya berdasarkan kebutuhan yang bersifat sesaat atau mendesak. Maka penelitian ini ingin melakukan pembuktian apakah setelah diajarkan matakuliah Akuntansi Manajemen mahasiswa mampu merencanakan dan mengalokasikan keuangan yang mereka peroleh dengan baik dan benar. Dari hasil sebaran kuesioner kepada 30 mahasiswa FKIP Akuntansi semester VI dengan 14 aitem pertanyaan dapat diketahui > 80% responden telah memahami matakuliah akuntansi manajemen dan telah menerapkan perencanaan dan pengalokasian keuangan yang merekamiliki dengan baik pada setiap bulannya

References

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali dan Muljono. 2010. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sufren dan Yonathan Natanael. 2014. Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta:PT. Alex Media Komputindo.

Sugiyono.2004. Metode penelitian Pembelajaran. Bandung: Alfabetha.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: suatu.Rineka Cipta.

Istighfarinda. 2014. Implementasi mata kuliah akhlak tasawuf pada perilaku mahasiswa STAIN salatiga angkatan 2010 program Studi PAI tahun 2014.

Agustriyanto, dkk. 2015. Implementasi Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan di Fakultas Teknik Universitas Surabaya (UBAYA).

Aristina, dkk. 2014. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Auido Visual pada Matakuliah Sejarah Indonesia Abd 16-19. Jurnal Studi Sosial, Vol 2, No. 4. Jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/8110.

Isroah dan Widayati. 2006. Implementasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi matakuliah Akuntansi Biaya pada Mahasiswa Jurusan PDU FIS Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 5 No.1. Jurnal.uny.ac.id/index.php/jpakun/artikel/view/869.

Downloads

Published

2018-12-10