PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA KINERJA KEUANGAN DI PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA ( BEI )

Meti Zuliyana, Msy. Mikial, Muhammad Luthfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar terjadinya pengaruh pada kinerja keuangan pada indikator - indikator good corporate governance pada perusahaan yang meliputi: komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional adalah variabel yang diduga mempengaruhi kinerja keuangan pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI)  atau  Indonesia  Stock  Exchange  (IDX).  Penelitian  ini  memakai  data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) dengan menggunakan 12 sampel perusahaan dengan metode Purposive Sampling LQ45 pada periode 2011 sampai dengan 2015. Hasil penelitian dengan menggunakan alat uji regresi linier berganda menyatakan  bahwa  komisaris  independen,  kepemilikan  manajerial  dan kepemilikan  institusional  berpengaruh  signifikan  secara  simultan  (bersama  - sama) terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dengan tingkat signifikan (0,001), sedangkan secara parsial (individu) faktor fundamental perusahaan: komisaris independen, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA. Sebaiknya, dalam penelitian ini dapat mencakup seluruh perusahaan LQ45   yang   yang   terdaftar   di   Bursa   Efek   Indonesia   (BEI)   dan   lebih memperhatikan indikator-indikator good corporate governance yang lebih memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA). Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan indikator-indikator good corporate governance seperti dewan direksi dan komite audit diduga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keaungan (ROA).


Keywords


Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kinerja Keuangan (ROA)

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Muhammad. 2014. Pengaruh Corporate Governance, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013. Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji. Riau.

Arens, Alvin A, dkk. 2010. Auditing and Assurance Service: An Integrated Approach. Pearson Education: Prentice Hall Inc.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta:Jakarta.

Aryani, Dwi Septa. 2011. Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Politeknik Palcomtech Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius).

Assih dan Gundono. 2000. Hubungan Tindakan Perataan Laba Dengan Reaksi Pasar Atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan. Jurnal Riset. Indonesia

Bursa Efek Indonesia. 2013. http://www.idx.co.id. “Laporan Keuangan Tahunan” BUMN Persero tahun 2013-2015.

Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Ke empat. Alfabeta: Bandung.

Ghozali, Imam dan Chariri Anis. 2003. Teori Akuntansi. Edisi Keiga. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Harahap, Sofyan Safri. 2011. Teori Akuntansi. Edisi Revisi 2011. Cetakan Kesebelas. Rajawali Pers: Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat: Jakarta.

Indriantoro, Nur. 2002. Metodelogi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Cetakan Ke Dua. BPFE- Yogakarta: Yogyakarta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Kedua, PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Nayiroh, Siti. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Praktik Manajemen Laba. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro: Semarang.

Nugroho, Paskah Ika. 2014. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga

Rangkuti, Nur Aminah. 2015. Analisa Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Automotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara: Medan.

Perdana, Riko. 2012. Pengaruh Firm Size, Leverage, Good Corporate Governance, dan Profitabilitas Terhadap Earning Management. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Permatasari, Ika. 2005. Manajemen Laba dan Status Keterlambatan Perusahaan Dalam Menyampaikan Laporan Keuangan Tahunan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia.

Pristine, Shally. 2011. Demi Gaya Hidup, Konsumen Berhemat. Republika.

Sariva. 2016. Pengaruh Tingkat Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di IDX. Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti: Palembang.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta.

Shita, I Gusti. 2011. Analisa Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI tahun 2006-2008). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro: Semarang.

Sujarweni, Wiratna V. 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Edisi Pertama. Pustaka Baru Press: Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba Teori dan Model Empiris. Grasindo: Jakarta.

Suwardjono. 2010. Teori Akuntansi. Edisi Ketiga. Edisi Ketiga. Cetakan Keempat. BPFE: Yogyakarta.

Vhika, Meiriasari. 2016. Pengaruh Corporate Governance, Kepemilikan Keluarga, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan terhadap Biaya Utang. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya: Palembang.

http://www.2007. Suaramerdeka.com/harian/0706/02/eko02.htm




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v1i2.2210

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online)

Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang
Gedung E Lantai 1
Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
E-mail: jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com / jurnalneraca.pakunpgriplg@univpgri-palembang.ac.id
Website: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index

Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License