STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 LUBAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Januardi Januardi

Abstract


Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan pendekatan kontemporer, sedangkan pendekatan konvensional dimaksudkan pendekatan pembelajaran yang sudah digunakan sejak waktu yang lama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen Terdapat dua variabel dalam penelitian ini disimbolkan dengan X1 dan X2. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, yang diketahui bahwa hasil belajar siswa menggunakan kedua pendekatan memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yang berarti pendekatan kontekstual efektif digunakan dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Lubai.

Keywords


Komparatif, Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Konvensional, Ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purwanto. (2009). Prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2005). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: CV. Alfabeta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2008). Metode penelitian pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

----------. (2011). Statistik untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin. (2013). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Referensi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v1i2.2213

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online)

Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang
Gedung E Lantai 1
Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
E-mail: jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com / jurnalneraca.pakunpgriplg@univpgri-palembang.ac.id
Website: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index

Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License