PENGARUH MEDIA KATALOG TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Merlyn Widalismana, Erma Yulaini, Sandy Wiwid, Fitria Anggrainy

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media katalog terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar mahasiswa pada materi Matematika Ekonomi. Populasi seluruhnya 52 mahasiswa dari 2 kelas. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest-posttes design. Analisis tes keaktifan (pretest dan posttest) menggunakan paired sample t test mendapatkan hasil nilai probabilitas atau signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai t hitung sebesar 6,350, t tabel untuk df 51 adalah 1,6753, maka nilai t hitung lebih besar terhadap nilai t tabel (9,465>1,7653). Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran katalog dapat berpengaruh terhadap peningkatan keaktifan belajar mahasiswa dengan sangat signifikan (0,000). Sehingga ditarik kesimpulan bahwa hipotesis satu diterima. Dan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran katalog terhadap keaktifan mahasiswa berdasarkan hasil perhitungan menggunakan perhitungan yang sama yaitu paired sample t test dengan menganalisis nilai hasil pretest dan posttest didapatkan hasil nilai probabilitas atau signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai t hitung sebesar 9,465, t tabel untuk df 51 adalah 1,6753, maka nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (9,465>1,6753). Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran katalog dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan signifikan (0,000), sehingga disimpulkan hipotesis dua diterima

Keywords


Media katalog, Keaktifan, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Adegbija, M.V dan M.A. Fakomogbon. 2012. Instructional Media In Teaching And Learning: A Nigerian Perspective. Global Media Journal, vol 6 (2). (Online) dari http://dx.doi.org/10.5789/6-2-144, diakses, 10 Oktober 2017.

Anitah, Sri. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta. LPP UNS dan UNS Press.

_________. 2014. Media Pembelajaran. Surakarta. LPP UNS dan UNS Press.

Erowati. T Maria. 2015. Perngaruh Penggunaan Media Benda Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. www.jurnal.fkip.uns.ac.id. ISBN: 978-979-3456-52-2. (Online) dari www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7735, diakses, 2 Oktober 2017

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Sukiyasa K. Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3. Nomor 1. (Online) dari http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588, diakses, 12 Oktober 2017.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cv.

Suryabrata, S. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v1i2.2215

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Eiditorial:

Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gedung E Lantai 1

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116

Email    : jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com