ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI (Studi Se-SUMATERA SELATAN)

Authors

  • Ely Susanti

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v1i2.2217

Keywords:

Peraturan, Latar Belakang Pendidikan, Perangkat Pendukung, Aksesibilitas Wilayah dan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan

Abstract

Analisis  Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi  (Studi Se-Sumatera Selatan), Effriyanti, SE, M.Si sebagai Ketua Pembimbing  dan Pandriadi, SE, M.Si  Sebagai Anggota pembimbing. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendapatkan bukti empiris bahwa latar bekang pendidikan, peraturan, perangkat pendukung dan  aksesibilitas wilayah berpengaruh pada ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Se-Sumatera Selatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 3,640 yang berarti F hitung (3,640) > F tabel (2,61). Akan tetapi nilai koefisien determinan (R Square) atau pengaruh yang diberikan oleh variabel peraturan, latar belakang pendidikan, perangkat pendukung  dan aksesibilitas wilayah hanya sebesar 0,272 atau 27,20%, sedangkan sisanya sebesar 72,80%. Ini menunjukan bahwa variabel estimasi atau faktor-faktor lain lebih mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Berdasarkan temuan tersbut maka dapat meningkatkan kualitas penyampaian laporan keuangan tepat pada waktun di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi  (Studi Se-Sumatera Selatan) dapat ditingkatkan dengan dukungan yang baik  peraturan (X1), Latar Belakang Pendidikan (X2), Perangkat Pendukung (X3), dan aksesibilitas Wilayah (X4).

References

____. Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor Per-19/PB/2008 tentang Pengenaan Sanksi atas Keterlambatan Penyampaian Laporan Keuangan Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 171/PMK.05/2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat.

Binsar Antonius, (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Kementrian Keuangan Negara/Lembaga Tingkat Satuan Kerja UAKAP. Malang: Universitas Brawijaya.

Ikatan Akuntan Indonesia, (2007). Standar Akuntansi Keuangan, buku I dan II. Jakarta: Salemba Emapat

Santoso Iman. 2009. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate Accounting). Bandung : Refika Aditama.

Sarwono, Jonathan dan Herlina Budiono. 2012. Statistik Terapan : Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi (Menggunakan SPSS,AMOS dan Excel) Jakarta : Exel Media Komputindo.

Sudjana. 2002. Metode Statistik.Bandung: Pt. Tarsito

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta

Downloads

Published

2018-12-11