HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SEMESTER I MA NURUL MUTAQIN PENUMANGAN BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2011-2012
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2227Keywords:
Motivasi Belajar, Persepsi Siswa, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi;(2)Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Ekonomi:(3) Hubungan Motivasi Belajar,dan Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran Guru secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Metode penelitiannya adalah Asosiatif dengan menggunakan pendekatan Ex-Post Facto dan hasil penelitian ini menunjukkan : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi, hal tersebut ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N = 31pada taraf signifikansi 5% (0,886>0,355), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Ekonomi, hal tersebut ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N = 31 pada taraf signifikansi 5% (0,670>0,355), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Motivasi Belajar, dan Persepsi Siswa tentang Metode Pembelajaran Guru dengan Prestasi Belajar Ekonomi, hal tersebut ditunjukkan dari harga F hitung 0,894 lebih besar dari harga F tabel 0,355 dan besarnya koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,894References
Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Nana Sudjana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : SinarBaru Algensindo.
Syah, Muhibbin. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta : LOGOS
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.
Tu’u, Tulus. 2004.Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:Grasindo.
Sardiman, AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
M. Wahyu Untari (2011). Hubungan Antara Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru PrestasiBelajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2009/2010. Sekripsi FISE UNY.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.