PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA BAKTI BANGSA AIR SALEH

Authors

  • Januardi Januardi
  • Anggi Gustiana

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2229

Keywords:

Model Pembelajaran Reciprocal, Hasil Belaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Salehâ€. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Bakti Bangsa Air Saleh. Populasi penelitian ini berjumlah 191 responden dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas data dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diketahui; 1) Hasil tes siswa kelas eksperimen, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata nila 85,15. Sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 55 dengan rata-rata 77,03. 2) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t hitung  = 13, 28 lebih besar dari pada t tabel = 1,667. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Saleh

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Aziz, Abdul, 2011. dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Makasar. Dengan judul penelitian "Keefektifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas XI MA Darul Ulum Amessangeng Kabupaten Maros". Jurnal Pendidikan. (online), Vol. 1, No. 1, (http:// abdulaziz. wordpress.com)

Djamarah, Saiful Bahri, 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Muslimin, Ibrahim, dkk. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya: University Press.

Purwanto, Ngalim. 2012. Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan, 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta

Roestiyah, NK, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Subarinah, Sri. 2010. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas

udjana, Nana, 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo

Sugiyono, 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

________, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suyatno. 2011. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Inovatif berorentasi kontruktivistis. Jakarta: Prestasi Pustaka

Universitas PGRI. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi 2017. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Wahab, Abdul Aziz, 2012. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2018-12-11