PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA BAKTI BANGSA AIR SALEH
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2229Keywords:
Model Pembelajaran Reciprocal, Hasil BelajaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Salehâ€. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Bakti Bangsa Air Saleh. Populasi penelitian ini berjumlah 191 responden dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas data dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data diketahui; 1) Hasil tes siswa kelas eksperimen, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata nila 85,15. Sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 55 dengan rata-rata 77,03. 2) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t hitung = 13, 28 lebih besar dari pada t tabel = 1,667. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air SalehReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Aziz, Abdul, 2011. dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Makasar. Dengan judul penelitian "Keefektifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas XI MA Darul Ulum Amessangeng Kabupaten Maros". Jurnal Pendidikan. (online), Vol. 1, No. 1, (http:// abdulaziz. wordpress.com)
Djamarah, Saiful Bahri, 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Muslimin, Ibrahim, dkk. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya: University Press.
Purwanto, Ngalim. 2012. Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan, 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta
Roestiyah, NK, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Subarinah, Sri. 2010. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas
udjana, Nana, 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo
Sugiyono, 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
________, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suyatno. 2011. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Inovatif berorentasi kontruktivistis. Jakarta: Prestasi Pustaka
Universitas PGRI. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi 2017. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.
Wahab, Abdul Aziz, 2012. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alfabeta
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.