PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Authors

  • Kurniati Kurniati

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2233

Keywords:

Strategi, Pembelajaran, Mnemonic

Abstract

Strategi pembelajaran mnemonic adalah suatu teknik yang memudahkan penyimpanan,  penyandian, dan pengingatan terhadap informasi dalam memori. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Palembang. Variabel dalam penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran mnemonic sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebagai variabel terikat (). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis uji â€t†pada taraf 95% (α 0,05). Berdasarkan hasil pembahasan, diketahui dari hasil tes bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai 85,5 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 78,125. Berdasarkan persamaan regresi Ŷ =78,125+7,375=85,5 hasil pengujian hipotesis melalui perhitungan uji diperoleh t hitung = 9,41> t tabel = 1,994, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berarti ada Pengaruh penerapan strategi pembelajaran mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada pengujian menunjukkan besar pengaruh sebesar 53,14%, sedangkan selebihnya 46,86% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Adji, Wahyu; Suwerli; dan Suratno. 2007. Ekonomi untuk SMA/MA Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Aqib, Zaenal dan Elham Rohmanto. 2008. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

http://akmal-mr.blogspot.com/2011/03/strategi-belajar-mnemonic.html diakses tanggal 25 April 2012

Marno dan M.Idris. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyana, Enceng. 2008. Model Tukar Belajar (Learning Exchange). Bandung: Alfabeta.

Munthe, Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Nash, Yulianthe Kr. 2010. Kamus Super Lengkap Ekonomi SMA. Jakarta: Cyan Publisher.

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Prenada Media Group.

Solso, Robert; Otto H. Maclin; dan M. Kimberly Maclin. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2012. Pedoman Penulis Skripsi, Palembang: Palembang: FKIP Universitas PGRI.

Downloads

Published

2018-12-11