IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NURUL IMAN PALEMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Nuryanti Permata Sari

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2234

Keywords:

Metode Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Nurul Iman Palembang masih rendah sehingga kemauan untuk belajar kurang sehingga hasil belajar rendah. Dengan menerapkan metode pembelajaran STAD siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu peneliti tertarik mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Nurul Iman Palembang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan respon siswa berupa angket, untuk mengetahui aktivitas guru dan murid instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 67%, siklus II sebesar 86,5% dan hasil belajar siswa, yang pada setiap siklusnya meningkat sebesar 96,25%. Selain itu aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran telah sangat baik, sedangkan aktivitas siswa semakin baik. Dan hasil respon siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa juga mendapat respon positif.

References

Al Haryono Jusup. (2001). Dasar–dasar Akuntansi Jilid 1. Yogyakarta: Aditya Media.

Asep Jihad dan Abdul Haris. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2009). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1993). Evaluasi dan penilaian. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Dirjen DIKNASMEN.

Dimyati dan Mudjiono. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Dyah Suryani. (2011). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas XI IPS SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Fathurrohman, Pupus dan Sutikno, Sobry. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Fudyartanto, Ki RBS. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta: Global Putaka Ilmu.

Hasbullah. (2005). Dasar–dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Icha Dian Saraswati. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Manajemen Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi. Malang: FIS UNM.

Isjoni dan Arif Ismail. (2008). Model-Model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Mohamad Nur. (2005). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyono Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Richard I. Arends. (2008). Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Sudirman , dkk. (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugihartono; dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukarmin. (2002). Pembelajaran Kooperatif. UNESA: Surabaya.

Sumadi Suryabrata. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta: C.V. Rajawali.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Wiriatmadja Rochiati. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Yatim Riyanto. (2008). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi bagi Guru dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Surabaya: Prenada Media.

______. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zainal Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Krama Widya.

Zainal Arifin. (1991). Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaki Baridwan. (2000). Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2018-12-11