UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 RAWAJITU SELATAN LAMPUNG

Authors

  • Edi Susanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2683

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Tipe TGT, IPS Ekonomi

Abstract

Abstrak─Upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi melalui penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Rawa jitu Selatan Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS  selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran IPS ekonomi pada siswa kelas VIII B SMP Rawajitu Selatan.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan yang berjumlah 36 orang orang. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test awal, turnamen, dan tes formatif. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukan  bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi pada siswa kelas VIII B.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Tipe TGT, IPS Ekonomi


Abstract─The improving activity and result social studies learning through using cooperative model TGT type in VIII B grade student of Junior High school Rawajitu Selatan The purpose of this research was to improve the social studies learning through cooperative model TGT type in VIII B grade. This research uses classroom action research techniques. The research was conducted in three cycles. Subject of this study is the VIII B grade student of Junior Highh school Rawajitu Selatan. Which has 36 students. Data sources come from teachers, students and researchers. Data colection techniques using observation, pretest, tournament and formatif test.The validity of data using triangulation methods techniques and other sources. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The result showed that the use of cooperative learning TGT type can improve the social studies learning.

Keyword: Cooperative Learning, TGT, Social Studies

References

DAFTAR PUSTAKA

Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Depok : Rajagrafindo Persada.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative learning Theory, Research and Practice. Allyn Bacon: Boston

Slavin, Scmariani, Frank Lyman dan Spencer Kagan. Http:)//scmariani-unnes.blogspot.com/2008/11/meningkatkan-efektifitas-perkuliahan.html.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning: Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Akasara.

Wahab, A.A.dkk. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2019-03-14