PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE FIFO, LIFO, DAN AVERAGE DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG

Authors

  • Nurastuti Nurastuti

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2688

Abstract

Abstrak─Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal persediaan menggunakan metode FIFO, LIFO, dan AVERAGE di SMK Negeri 1 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Palembang, dari 188 siswa diambil 75 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan tes, dengan instrumen berupa soal tes. Teknik analisis data menggunakan anova satu jalan atau uji F dengan SPSS versi 20. Dari hasil analisis menggunakan uji F dengan SPSS versi 20 diperoleh nilai Fhitung sebesar 7,986 dan nilai Ftabel sebesar 3,12 dengan dk 75 dan taraf signifikansi 5%. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (7,986 > 3,12) dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil nilai rata-rata siswa dalam menyelesaikan soal persediaan menggunakan metode FIFO yaitu 86,13, LIFO yaitu 80,77, dan  AVERAGE yaitu 73,71. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal persediaan menggunakan metode FIFO, LIFO, dan AVERAGE  di SMK Negeri 1 Palembang.

Kata Kunci: Kemampuan, Persediaan, Metode FIFO, LIFO, dan AVERAGE


Abstract─The study aims to determine whether there are differences in students' ability to solve inventory problems using the FIFO, LIFO, and AVERAGE methods at Palembang State Vocational High School 1. The subjects in this study were students of class XI Accounting at SMK Negeri 1 Palembang, out of 188 students taken 75 students to be used as research samples. Data collection techniques are documentation and tests, with instruments in the form of test questions. The data analysis technique uses one-way ANOVA or F-test with SPSS version 20. From the results of the analysis using the F test with SPS version 20, the calculated F value is 7.986 and the Ftable value is 3.12 with dk 75 and a significance level of 5%. Because Fcount is greater than Ftable (7.986> 3.12) it is stated that Ho is rejected and Ha is accepted. The results of the average value of students in completing inventory problems using the FIFO method are 86.13, LIFO is 80.77, and AVERAGE is 73.71. This shows that there are differences in students' ability to solve inventory problems using the FIFO, LIFO, and AVERAGE methods at Palembang State Vocational High School 1.

 Keywords: Capabilities, Inventory, FIFO, LIFO, and AVERAGE Methods

References

DAFTAR PUSTAKA

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Donal E, Keiso, dkk. 2008. Akuntansi Intermediate Edisi ke Dua Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hery. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah 1, Edisi 1, Cetakan Pertama, PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Imam, Santoso. 2010. Akuntansi Keuangan Menengah. Bandung: Refrika Aditama.

Kieso, Donald., E, Weigandt dan J, Warfield. 2012. Intermediate Accounting. Jakarta: Erlangga

Kuncoro, Sri. 2014. Meningkatkan Kompetensi Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Type Stad Dalam Mengelola Kartu Persediaan. Wonosobo: Jurnal PPKM III.

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Robbins, Stephen P dkk. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rosa, Friska Oktavia. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Lampung: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. Vol. 1, No. 2:24-28.

Sari dan Dahria. 2010. Analisis Sistem Persediaan dalam Akuntansi. Medan: Jurnal Saintikom. Vol. 8, No. 1:375-383.

Sambuaga, Reinhard. 2013.Evaluasi Akuntansi Persediaan Pada PT. Sukses Era Niaga Manado. Manado: Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 4:1697-1705.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, Ahmad. 2009. Intermediate Accounting dalam Perspektif lebih luas. Jakarta: AV Publisher.

Waluyo. 2012. Akuntansi Pajak. Salemba Empat, Jakarta.

Downloads

Additional Files

Published

2018-12-31