PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA

Authors

  • Della Sari
  • Neta Dian Lestari

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690

Abstract

Abstrak─Media Visual merupakan media yang memiliki unsur utama berupa garis, bentuk, warna, dan tekstur dalam penyampaiannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar siswa kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Martapura Tahun Pelajaran 2018/2019.  Metode Penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen yang perhitungannya menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,921 > ttabel 1,697, maka tolak Ho diterima Ha berarti dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 MartapuraTahun Pelajaran 2018/2019, maka besar tingkat interprestasi pengaruh adalah 29,455% pada kriteria rendah  sedangkan sisanya 70,545% di penagrahui faktor lain. Sedangkan  besar koefisien korelasi atau keeratan hubungan 54% pada kriteria sedang.

Kata Kunci: Media Visual, Hasil Belajar.

 

Abstract─Visual Media is a media that has the main elements in the form of lines, shapes, colors, and textures in its delivery. The purpose of this study was to find out the Effect of Visual Learning Media on Learning Outcomes of Social Sciences XI students in Economic Subjects in SMA Negeri 1 Martapura Academic Year 2018/2019. The research method used is the experimental method whose calculation uses quantitative methods. Data collection techniques used are documentation, observation and test techniques. The results showed that thitung 4,921 > ttabel 1,697, then Ho refused to accept Ha means it can be concluded that there was a significant effect between visual learning media on student learning outcomes in Martapura 1 Senior High School Year 2018/2019, then the level of interpretation influence was 29.455% on the criteria low while the remaining 70.545% is determined by other factors. While the correlation coefficient or closeness is 54% in the medium criteria.

Keywords: Visual Media, Learning Outcomes.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arif S. Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Edisi Revisi).Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: kencana prenada media group.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Additional Files

Published

2018-12-31