ANALISIS MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2691Abstract
Abstrak─Banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berwirausaha mahasiswa. diantaranya adalah kemampuan mahasiswa beradaptasi dengan kondisi perubahan lingkungan, baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi berwirausaha mahasiswa dengan cara mendeskrifsikan motivasi berwirausaha mahasiswa pada program studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif analitik, untuk mendapatkan data yang akurat peneliti ini, peneliti menggunakan dokumentasi dan angket, angket di berikan kepada Mahasiswa program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Berdasarkan hasil analisa data angket, maka dapat disimpulkan bahwa: Motivasi Berwirausaha Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang dalam Kategori Baik / Tinggi, dengan rata-rata yaitu sebesar 80,79. Indikator yang paling mendasari motivasi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi adalah Indikator Tanggung jawab mahasiswa dalam mengerjakan tugas mata kuliah kewirausahaan yaitu sebesar 84,07% dalam Kategori Sangat Baik.
Kata Kunci: Deskripsi, Motivasi, Berwirausaha
Abstract─Factors can affect student entrepreneur motivation. is the ability of students to adapt to environmental change conditions, both internal and external. This study aims to see the motivation of student entrepreneurship by way of describing the entrepreneurship motivation of students in Accounting Education Program FKIP Universitas PGRI Palembang. This study uses descriptive analytic method, data obtained by researchers, researchers using documentation and questionnaires, questionnaires among students of Accounting Education Studies Program FKIP University PGRI Palembang. Based on the results of questionnaire data analysis, it can be concluded: Student Entrepreneur Motivation in Accounting Education Studies Program FKIP University PGRI Palembang in Category Good / High, with an average of 80.79. The most underlying indicator of entrepreneurship motivation of students of Accounting Education Study Program is Indicator Student responsibility in doing entrepreneurship subject task that is equal to 84,07% in Very Good Category.
Keywords: Description, Motivation, Entrepreneurship
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dhewanto, Wawan. 2013. Intrapreneurship. Bandung: Rekayasa Sains.
Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995
Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas,
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________, 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryana. 2011. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat
Uno B Hamzah.2007. Teori Motivasi&Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.