ANALISIS MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Riswan Aradea

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2691

Abstract

Abstrak─Banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berwirausaha mahasiswa. diantaranya adalah  kemampuan mahasiswa beradaptasi dengan kondisi perubahan lingkungan, baik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi berwirausaha mahasiswa dengan cara mendeskrifsikan motivasi berwirausaha mahasiswa pada program studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif analitik, untuk mendapatkan data yang akurat peneliti ini, peneliti menggunakan dokumentasi dan angket, angket di berikan kepada Mahasiswa program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Berdasarkan hasil analisa data angket, maka dapat disimpulkan bahwa: Motivasi Berwirausaha Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang dalam Kategori Baik / Tinggi, dengan rata-rata yaitu sebesar 80,79. Indikator yang paling mendasari motivasi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi adalah Indikator Tanggung jawab mahasiswa dalam mengerjakan tugas mata kuliah kewirausahaan yaitu sebesar 84,07% dalam Kategori Sangat Baik.

Kata Kunci: Deskripsi, Motivasi, Berwirausaha


Abstract─Factors can affect student entrepreneur motivation. is the ability of students to adapt to environmental change conditions, both internal and external. This study aims to see the motivation of student entrepreneurship by way of describing the entrepreneurship motivation of students in Accounting Education Program FKIP Universitas PGRI Palembang. This study uses descriptive analytic method, data obtained by researchers, researchers using documentation and questionnaires, questionnaires among students of Accounting Education Studies Program FKIP University PGRI Palembang. Based on the results of questionnaire data analysis, it can be concluded: Student Entrepreneur Motivation in Accounting Education Studies Program FKIP University PGRI Palembang in Category Good / High, with an average of 80.79. The most underlying indicator of entrepreneurship motivation of students of Accounting Education Study Program is Indicator Student responsibility in doing entrepreneurship subject task that is equal to 84,07% in Very Good Category.

Keywords: Description, Motivation, Entrepreneurship

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dhewanto, Wawan. 2013. Intrapreneurship. Bandung: Rekayasa Sains.

Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995

Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas,

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________, 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2011. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat

Uno B Hamzah.2007. Teori Motivasi&Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Additional Files

Published

2018-12-31