ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL JURNAL PENYESUAIAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Septiani Panca Putri

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2692

Abstract

Abstrak─Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal jurnal penyesuaian pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Bina Cipta Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian kesalahan siswa dalam mengerjakan soal jurnal penyesuaian disebabkan oleh kesalahan dalam mencatat transaksi jurnal penyesuaian dan kesalahan dalam menganalisis transaksi jurnal penyesuaian. Kategori kesulitan belajar yang sulit yaitu beban dibayar dimuka dengan persentase kesalahan 52%, kategori kesulitan belajar yang sedang yaitu beban yang masih harus dibayar dengan persentase kesalahan 39% dan kategori kesulitan belajar yang mudah yaitu akun perlengkapan dengan persentase kesalahan 8%. Hasil angket faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dasar atas bahan yang dipelajari.

Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Jurnal Penyesuaian

 

Abstract─The purpose of the study was to find out the learning difficulties of students in solving questions about adjusting journals on Economics subjects at Bina Cipta Palembang High School. The research method used in this study is descriptive qualitative with data collection techniques in documentation, tests, and questionnaires. The results of research on students' mistakes in working on adjusting journal problems are caused by errors in recording adjusting journal transactions and errors in analyzing adjusting journal transactions. Categories of learning difficulties are difficult, namely prepaid expenses with a percentage of errors of 52%, moderate learning difficulties category that is accrued expenses with a percentage of errors of 39% and easy learning difficulties categories, namely equipment accounts with a percentage of errors of 8%. The results of the questionnaire factors that cause student learning difficulties are the lack of basic knowledge and skills for the material being studied in the form of understanding and skills in analyzing.

Keywords: Student learning difficulties, Adjustment Journal

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajafindo Persada

Downloads

Additional Files

Published

2018-12-31