PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3290Keywords:
Model pembelajaran concept attainment, hasil belajar, ekonomiAbstract
Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau eksperimental pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik data yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana yaitu menunjukan bahwa , sehingga berdasarkan kriteria Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Srijaya Negara Palembang. Dimana besar pengaruhnya adalah 43,8% sedangkan sisanya (100-43,8) = 56,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam peneitian ini.
References
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Hendri & A’am Rifaldi Khunuaifi. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN-5 Menteng Palangka Raya. BITNET Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Volume 3 Nomor 1. Online (http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/bitnet). Di akses Rabu,02 Januari 2019 Pukul 19.15 WIB
Januardi & Anggi Gustina. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Bakti Bangsa Air Saleh. Jurnal Neraca. Volume 2 No.1, juni 2018. Di akses Rabu, 02 Januaru 2019 Pukul 19.10 WIB. Online (Http://jurnalneraca.univpgri-palembanng.ac.id)
Lestari, Neta Dian & Della Sari.2018.Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa.Jurnal Neraca.Vol 2 No 2 Desember 2018. Online (Http://jurnalneraca.univpgri-palembanng.ac.id). Senin, 23 April 2019 Pukul 09.40 WIB
Pramika, Depi & Merlyn Widalismana. (2018). Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Matematika Ekonomi di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Promosi. Volume 6 No.2 (2018) 1-12. Online (Http://ojs.fkip.ummetro.ac.id). Di akses Rabu, 02 Januari 2019 Pukul 19.00 WIB.
Pratiwi, Nova. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Investigasi Kelompok Dengan Variabel Moderator Kemandirian Belajar.Prosiding Seminar Nasional.Online (Http://jurnalneraca.univpgri-palembanng.ac.id). Di akses Rabu, 02 Januari 2019 Pukul 19.00 WIB.
Risdawati et al. (2017). Pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa di kelas XI IPA SMAN 11 Bukulumba. Jurnal Biotek. Volume 5 No 2. (Http://journal .Uin-aluddin.ac.id). Diakses Rabu, 02 Januari 2019 Pukul 19.14 WIB
Sari, Martala & Jeli Apriani. (2014). Pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada konsep sistem pernafasan (studi eksperimen di SMPN 2 Gunung Sahilan Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Lancang Kuning. Jurnal Biolectura. Volume 01, Nomor 02. (http://journal.unilak.ac.id). Diakses Rabu, 02 Januari 2019 19.14 WIB.
Sitanggang, Widya Indriani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 6, Nomor 9. (http://jurnal.untan.ac.id). Diakses Senin, 23 April 2019 Pukul 09.00 WIB
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.