PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Luluk Irawan, Erma Yulaini, Januardi Januardi

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa akuntansi di SMK PGRI 1 Palembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,observasi dan tes, serta teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat dilihat perbedaanya bahwa kelas eksperimen mencapai 74,19% (Cukup Aktif) dan kelas kontrol mencapai 77,41% (Cukup Aktif). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak dan kelas XI AK 1 yang berjumlah 92 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampel Random yaitu sampel acak, jumlah sampel yang didapat dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 82,09%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 63,93%. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi: Y = 63,91 + 18,2 D, dari perhitungan diperoleh harga thitung = 8,708 > ttabel = 2,000, maka tolak Ho terima Hα dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh antara media pembelajaran komik terhadap hasil belajar siswa adalah 55,7% sedangkan sisanya sebesar 44,3% dipengaruhi faktor lain.


Keywords


Media pembelajaran komik, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, f. (2012). Pengaruh pemanfaatan media komik matematika terhadap hasil belajar kelas V SSDN 24 pontianak tenggara. Skripsi .

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Avrilliyanti, d. (2013). Jurnal Pendidikan Fisika. Penerapan Media Komik Untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Dengan Metode Diskusi Pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak , Vol. 1, No. 1.

Basir, A. (2017). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Palembang: UPT. Penerbit Dan Percetakan Universitas Sriwijaya.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dimyati Dan Mudjiono (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta

Enawaty, E. d. (2010). Pengaruh Penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 pontianak materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jurnal penelitian , vol 1, no 1.

Florayu, B. d. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 10 Palembang. Jurnal Musharafa , vol 6, no 1.

Harahap, S. S. (2011). Teori Akuntansi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mediawati, E. (2011). Jurnal Penelitian Pendidikan. Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa , Vol. 12, No. 1.

Nazir, M. (2014). metode penelitian. bogor: ghalia indonesia.

Nurkhalisyah, M. (2018). Jurnal Penelitian Pendidikan. Pembuatan Buku Komik Panduan Perpustakaan Di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang , Vol. 7, No. 1.

Nurohimah, d. Jurnal Penelitian Pendidikan. Pemanfaatan Kartun Fisika Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VII Mts N Purworejo , Vol. 1, No. 1.

Parwati, N. N. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Penyusun, T. (2018). pedoman penulisan skripsi tahun akademik 2018/2019. palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Permana, d. (2009). Ekonomi 2. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Pramadi, I. P. (2013). Pengaruh penggunaan komik berorientasi kearifan lokal bali terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika. Jurnal program pascasarjana , vol 3.

Purwanto. (2016). evaluasi hasil belajar. yogyakarta: pustaka belajar.

Riduwan. (2013). belajar mudah penelitian. bandung: alfabeta.

Rifqy, M. (2018). Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia. Pengaruh Media Visual Komik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X MIPA 12 SMA Budi Utomo Perak Tahun Ajaran 2017/2018 , Vol. 6, No. IV.

Rohani, A. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, d. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputro, h. b. (2015). Pengembangan media komik berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran tematik-integratif kelas IV SD. Jurnal prima edukasia , vol 3, no 1.

Sianipar, E. M. (2016). statistik analisis regresi dan korelasi. palembang: noer fikri.

Siwi, Y. H. (2009). Skripsi Penelitian Pendidikan. Eksperimentasi Pengajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Komik Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa .

Sudjana, R. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3385

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Eiditorial:

Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gedung E Lantai 1

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30116

Email    : jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com