PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Authors

  • Erma Yulaini Universitas PGRI Palembang
  • Melisa Anggraini Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.3638

Keywords:

Model pembelajaran, Kooperatif Tipe Kartu Arisan, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Diketahui hasil belajar siswa kelas eksperimen nilai tertinggi adalah 95 dan terendah 60 dengan rata-rata 79,4, sedangkan kelas kontrol nilai tertinggi adalah 85 dan terendah 55 dengan rata-rata 71,6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 4,864 > ttabel = 1,999   , maka tolak Ho terima Hα dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Palembang. Besarnya interpretasi pengaruh adalah sebesar 52% sedangkan sisanya sebesar 48% dipengaruhi faktor lain.

References

Alma. (2012). Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.

Cruickshank, d. (2014). Perilaku Mengajar . Jakarta: Salemba Humanika.

Ernayetti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kartu Arisan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Program Linier Di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. (Online). Volume 6 Nomor 1. (http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/acticle/view/1865) (Diakses Kamis, 13 Maret 2019 22:20 WIB).

Gunawan, H. (2017). Implementasi Mata Kuliah Akuntansi manajemen Sebgai. Jurnal Neraca. (http://jurnal.univpgri-palembang.ac.id) (Diakses Rabu, 06 November 2019 16:50 WIB).

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hariyanti, F. (2015). Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Kartu Arisan pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI-APK SMK Negeri 3 Bangkalan. Jurnal Apotema, Volume 1 Nomor2, 87. (Online). (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/PM-52.pdf) (Diakses Rabu, 13 Maret 2019 16:09 WIB).

Irawan, Luluk Dkk. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Di Smk Pgri 1 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi. Vol.3 No.1 (2019) hal. 99-107. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3385.

Januardi, (2019). Pengaruh Model Think pair share terhadap hasil belajar. (http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/index) (Diakses Jum’at, 08 November 2019 13:18 WIB)

Jihad, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Malalina. (2018). Model Kooperatif Tipe Kertu Arisan dalam Materi Belah Ketupat dan Layang-Layang. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 845. FKIP Universitas Taman Siswa Palembang. (Online). (http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2427) (Diakses Rabu, 13 Maret 2019 22:39 WIB)

Pramika, Depi Dan Merlyn Widalismana. (2018). Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Matematika Ekonomi di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. Vol 6, No 2 (2018) hal. 1-12. Https://Www.Ojs.Fkip.Ummetro.Ac.Id/Index.Php/Ekonomi/Article/View/1685. (Diakses Rabu, 06 November 2019 17:31 WIB).

Pertiwi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 5 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019 . Palembang .

Pratiwi, N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Investigasi Kelompok. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1828/0. (Diakses Rabu, 06 Novemer 2019 16:50 WIB)

Priansa. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

November 2019.

Ricki Maulizar Sahputra, d. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. (Online). Volume 2 Nomor 2. (https://www.neliti.com/id/publications/188075). (Diakses Kamis, 17 Januari 2019 13:56 WIB)

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprijono. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu . Bandung: CV Alfabeta.

Yulaini, E. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Dalam Pembelajaran Akuntansi. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 876. FKIP Universitas PGRI Palembang. (Online). (http://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/download/1065) (Diakses Jum'at, 11 Oktober 2019 07:51 WIB)

Downloads

Published

2020-06-30