PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MAHASISWA YANG BERASAL DARI SMA DENGAN SMK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • HERLISA PUTRA

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3711

Keywords:

Perbedaan Hasil Belajar, Mahsiswa dari SMA, Mahsiswa dari SMK

Abstract

Program Studi Pendidikan Akuntansi merupakan suatu program dari ilmu sosial yang mahasiswanya memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda yaitu dari SMA Jurusan IPS dan IPA dengan SMK Jurusan Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif (membandingkan). Berdasarkan hasil pembahasan, di dapat bahwa rata-rata nilai Pengantar Akuntansi mahasiswa yang berasal dari SMA Jurusan IPA 77,16, Jurusan IPS 80,595, dan Mahasiswa yang berasal dari SMK 86,429 dari hasil rata-rata ini maka di dapat rata-rata tertinggi adalah mahasiswa yang berasal dari SMK Jurusan Akuntansi dengan SMA jurusan IPS. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik parametris uji komparatif lebih dari dua sampel independen, diperoleh hasil  6,152 >   0,05/2 = 3,11 maka  diterima dan  ditolak. Berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang berasal dari SMA dengan SMK pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Palembang

References

FKIPUniversitas PGRI. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Ahmadi, Uhbiyanti. 2015. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2014.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Percetakan Sinar Baru Algensindo.

Djamarah dan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang RI Nomor 9 Tahun 2009. Tentang Badan Hukum Pendidikan. Surabaya : Kesindo Utama.

catatansimade.(http://blogspot.co.id/2015/03/pengertian-sekolah-menengah-atas-smasmk.html (diakses tanggal 22 Maret 2016, Pukul 21.00 Wib).

Yusnita, Hetti. 2004. “Perbedaan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Antara Mahasiswa Yang Berasal Dari SMU jurusan IPA Dengan IPS Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP Univ. PGRI Palembang. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Supranto, 2009. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Additional Files

Published

2019-06-30