PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PGRI 4 PALEMBANG

Authors

  • Sumardi Sumardi

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3712

Keywords:

Media, Multimedia Interaktif, Pelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi, dilaksanakan melalui 2 siklus, tahapan pertama perencanaan, kedua kegiatan pelaksanaan tindakan, ketiga observasi, keempat kegiatan evaluasi, kegiatan lima refleksi. Hasil  ulangan siswa pada siklus I mata pelajaran ekonomi melalui upaya penggunaan media berbasis multimedia interaktif tentang APBN dan APBD dalam pembangunan perekonomian rata-rata jumlah nilai siswa 56,55 belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu rata-rata 75%. Oleh karena itu dilanjutkan ke siklus ke 2 dengan kompetensi dasar “Mengevaluasi APBN dan APBD dalam pembangunan “ pada siklus II hasil belajar rata-rata jumlah nilai siswa  yang di peroleh yaitu 76,55. Jadi dengan adanya penerapan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis multimedia interaktif dapat mengahsilkan nilai yang memenuhi kkm yang telah di tentukan oleh guru, karena sudah memenuhi syarat ketuntasan klasikal yaitu rata-rata 75%, maka penggunaan media interaktif dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran ekonomi.

References

Arsyad, Azhari. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PTRajagrafindo Persada.

Dewi, Tiara Anggie. 2015. Implementasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran EKonomi di Sekoah. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Kustandi, Dkk. 2013. Media Pembelajaran Edisi Kedua. Bogor : Galia Indonesia.

Kusumah, Dkk. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua. Jakarta : PT Indeks.

Parmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta.

Parwati, Ni Nyoman, I Putu Pasek Suryawan, dan Ratih Ayu Apsari. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Pendidikan Indonesia. 2012. Defenisi Hasil Belajar . www.Sarjanaku.com/2011/03/Pengertian Defenisi Hasil Belajar.html.(diakses tanggal 3 Oktober 2018, pukul 10.48 wib ).

Samiyanto. 2011. Artikel Sir.Stikom.Edu/302/BAB%2011.Pdf.wordpress.com/mengejar/desi-multimedia-interaktif/definisi-multimedia-interaktif/. (diakses tanggal 3 Okteber 2018, Pukul 11.30 wib ).

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Penada Media Group.

Waldopo. 2011. Analisis Kebutuhan Terhadap Multimedia Interaktif Sebagai Media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Wirawan, Faiz Agil. 2014. http:/www.burung-net.com/2014/06/pengertian-dan-fungsi-microsoft-powerpoint.html. (diakses tanggal 13 Oktober 2018, Pukul 17.04 wib )

Yulaini, Erma. 2007. Administrasi Sarana Pendidikan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aakuntansi di SMA Islam Teladan Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 3, No. 1, pp 30-32, Januari-Juni 2018. Universitas PGRI Palembang

Downloads

Published

2019-06-30