PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY - TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Authors

  • Remi Aliarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3716

Keywords:

Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS yang berjumlah 121 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas kelas eksperimen yaitu 84,59%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 63,66%. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh antara model  pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa adalah 79,48 % sedangka  sisanya  sebesar 20,52 % dipengaruhi faktor lain.

References

Arikunto Suharsimi .Edisi 2. 2017. Dasar-Dasar Evaluasai Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Alhikmah Luluk.(2016).â€Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Muhamdiyah 1 Yogyakarta.Tahun Ajaran 2015/2016.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Huda Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Ismawati.N.(2011).â€Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Bojaâ€.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.OnlineVol.1No.2Hal.38-41.ISSN:1693-1246.

http//www.journal.unnes.ac.id./.diakses tanggal 13 April 2019

Jihad Asep, Haris Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kosasih, E. (2014).Strategi Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Yrama Widya

Kusumaningrum Ratih.(2015). “Eksperimentasi Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Numbered Heads Together (NHT),Dan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Kreaktifitas Belajar Matematika Siswa SMP Negeri DI Kabupaten Sukoharjoâ€.Jurnal Elektronik Pembelajara Matematika.Vol 3 No.7 Hal 705-716 .ISSN:2339-1685.

http:// Jurnal .Fkip .uns.ac.id/.diakses pada tanggal 27 April 2019.

Lubis Adlan Muhammad.(2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Kapaluli Tengah “. Jurnal Biolokus.Vol 1 N O 2 Hal 117-122.ISSN :2621 – 3702.http:// Jurnal Biolokus .ac.id/.diakses pada tanggal 14 Mei 2019.

Ngalimun .2017.Strategi Pembelajaran .Jogyakarta :Dua Sastria Offet

Rusman.2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Rosdiandi.2012.Model Pembelajaran Langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan.Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif.

Suprijono.2009.Cooperative Learning.Surabaya : Pustaka Belajar

Susanto Ahmad.2013.Teori Belajar Pembelajran di sekolah dasar .Jakarta :Prenandamedia Grup

Syaiful Bahri Djamarah .2010.Strategi Belajar Mengajar .Jakarta :Rineka Pelajar.

Shoimin .2017. Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.Jakarta :Ar – Ruzz Media

Syamsiah Siti.â€Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1V A SD N Simulyo 8 Surabayaâ€.Jurnal PGSD.Online Vol.02 No 01 hhtp://www.jurmal uns.ac.id/ diakses pada tanggal 27 April 2019

Downloads

Published

2019-06-30