ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL JURNAL PENYESUAIAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SETIA DARMA PALEMBANG

Authors

  • Irena Irena PT. INDOMARINE JAYA SAKTI

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.3823

Keywords:

Kesulitan Belajar, Jurnal Penyesuaian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal jurnal penyesuaian pada mata pelajaran akuntansi di SMK Setia Darma Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,96% siswa mengalami kesulitan dalam menjurnal dan 16,04% siswa mengalami kesulitan dalam menghitung. Sedangkan berdasarkan hasil keseluruhan nilai siswa dalam menyelesaikan soal jurnal penyesuaian diketahui nilai persentase tertinggi adalah 29,68% dalam kategori “cukup†sebanyak 19 siswa, persentase 9,37% sebanyak 6 siswa dengan kategori “kurang†dan sebanyak 13 siswa dalam kategori “kurang sekali†dengan persentase sebesar 20,31%. Sedangkan untuk hasil angket diketahui bahwa 24,59% disebabkan oleh faktor intern meliputi faktor anak didik itu sendiri sedangkan 75,40% disebabkan oleh faktor ekstern meliputi faktor sekolah, keluarga dan masyarakat sekitar

References

Ahmadi Abu & Supriyono Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wahab, Rohmalia. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Downloads

Published

2019-12-31