ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL JURNAL PENYESUAIAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SETIA DARMA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.3823Keywords:
Kesulitan Belajar, Jurnal PenyesuaianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal jurnal penyesuaian pada mata pelajaran akuntansi di SMK Setia Darma Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,96% siswa mengalami kesulitan dalam menjurnal dan 16,04% siswa mengalami kesulitan dalam menghitung. Sedangkan berdasarkan hasil keseluruhan nilai siswa dalam menyelesaikan soal jurnal penyesuaian diketahui nilai persentase tertinggi adalah 29,68% dalam kategori “cukup†sebanyak 19 siswa, persentase 9,37% sebanyak 6 siswa dengan kategori “kurang†dan sebanyak 13 siswa dalam kategori “kurang sekali†dengan persentase sebesar 20,31%. Sedangkan untuk hasil angket diketahui bahwa 24,59% disebabkan oleh faktor intern meliputi faktor anak didik itu sendiri sedangkan 75,40% disebabkan oleh faktor ekstern meliputi faktor sekolah, keluarga dan masyarakat sekitarReferences
Ahmadi Abu & Supriyono Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Wahab, Rohmalia. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.