ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 TANAH ABANG KECAMATAN TANAH ABANG KABUPATEN PALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Nopianti Nopianti UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Erma Yulaini UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Diana Widhi Rachmawati UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.3841

Keywords:

Manajemen Perpustakaan, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah manajemen perpustakaan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tanah Abang Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI Tahun  Pelajaran 2019/2020.  Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian 5 orang petugas perpustakaan dan 30 siswa,  yang menjadi objek 5 orang petugas perpustakaan, kelas XI IPS.2 dan IPS.3 berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu teknik dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil pembahasan dapat di simpulkan bahwa manajemen pengelolaan perpustakaan berada pada kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil nilai akhir skor angket  petugas perpustakaan dalam pengelolaan perpustakaan 92% berada pada kategori sangat baik dan motivasi belajar siswa di perpustakaan 97,3%  juga berada pada sangat baik. Saran yang dapat disampaikan peneliti tentang manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah yaitu agar lebih meningkatkan manajemen pengelolaan perpustakaan dengan memberikan kenyamanan

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Renika Cipta

Anwar Sudirman, dkk (2019). Manajemen Perpustakaan. Riau: PT. Indragiri Dot Com.

Bafadal, I. (2016). Pengelolaan Perpustakaan . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fadhilah, U. (2017). Pengaruh Pengelolaan Manajemen Perpustakaan Terhadap Minat Baca Peserta Didik di MA. Madani PAO PAO. Makassar. Skripsi

Lasa. (2016). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.

Sani, R. A. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2019-12-31