PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Authors

  • Sri Gita Multri Dewi UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Hendri Gunawan UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.3948

Keywords:

Metode Kelompok Kecil, Media Flash Card, Hasil Tes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  metode pembelajaran kelompok kecil menggunakan media  flash card  terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh yaitu dengan cara semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan dummy variabel dengan pengujian hipotesis menggunakan uji “t†tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung > ttabel atau 4,554>1,995 maka tolak Ho dan terima Hα artinya ada pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran kelompok kecil dengan media flash card terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Besarnya interpretasi pengaruh adalah 23,33% dengan kategori “Rendah†sedangkan sisanya sebesar  76,67% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidk dijelaskan dalam penelitian ini

References

Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progrsif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Aqib, Z. (2017). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Buchari Alma, d. (2010). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, Hendri. (2017). Implementasi Mata Kuliah Akuntansi Manajemen Sebagai. Jurnal Neraca. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id diakses pada tanggal 06 November 2019 pukul 16:50.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosa kata bahasa inggris. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol.04;No.01. Tahun 2010, (online), http://journal.uniga.a.id diakses 9 April 2019 pukul 20:15)

Lestari, Neta Dian dan M. Toyib . (2017). Limbah Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan.https://jurnal.univpgri palembang.ac.id diakses pada tanggal 06 November 2019 pukul 17:05.

Pramika, Depi dan Merlyn Widalismana (2018). Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Neraca. https://jurnal.univpgri palembang.ac.id diakses pada tanggal 06 November 2019 pukul 17:31.

Pratiwi, Nova. (2018). Meningkatkankan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Investigasi Kelompok. https://jurnal.univpgri palembang.ac.id diakses pada tanggal 06 November 2019.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kecana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Yulaini, Erma. (2015). Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Neraca. https://jurnal.univpgri palembang.ac.id diakses pada 06 November 2019 pukul 16:45.

Downloads

Additional Files

Published

2019-12-31