PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANYUASIN 1

Authors

  • Nur Agung Dinarto UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.3949

Keywords:

Model pembelajaran, kooperatif tipe Team Assisted Individualization, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Banyuasin 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 107 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa. Diketahui hasil belajar siswa kelas eksperimen nilai tertinggi adalah 100 dan terendah 60 dengan rata-rata 80,92, sedangkan kelas kontrol nilai tertinggi adalah 80 dan terendah 40 dengan rata-rata 61,56. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 6,656  > ttabel = 1,994, maka tolak Ho terima Hα dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Banyuasin 1. Besarnya interpretasi pengaruh adalah sebesar 57,71% sedangkan sisanya sebesar 42,29% dipengaruhi faktor lain.

References

Alam, S. (2013). Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (2014). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asykari, Asep Fauzan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 5 Muara Enim. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Basir, D, dan Amrina, D, E. (2017). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan Universitas Sriwijaya.

Geminastiti, K dan Nurlita, N. (2016). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Pertiwi, Intan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Kombinasi dari Belajar Kooperatif Dengan Belajar Individu) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pedamaran Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putri, Riska Indah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 5 Palembang. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sianipar, Eduar Muharrim Bona, daan Hidayat, Karyadi. (2016). Statistik Analisis Regresi dan Korelasi. Palembang: Noer Fikri.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ternado, Hengki. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Gajah Mada 3 Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Tim Penyusun. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2018/2019. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yani, Serly Dwi. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assidted Individualization Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) Kelas VII di SMP Negeri 7 Palembang Tahun Pelajaran 2012/2013. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2019-12-31