PENGARUH FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 PENDOPO PALI
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v3i2.4144Keywords:
Fasilitas Sekolah, Hasil BelajarAbstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau eksperimental yang merupakan pendekatan penelitian kuantitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas X AK(akuntasi) dari ketiga kelas siswa yang mendapat kriteria sangat baik pada angka 86 – 100 sebanyak 36 orang (83,72%), nilai dengan kriteria baik pada angka 72 – 89 sebanyak 20 orang (11,63 %), sedangkan nilai dengan kriteria cukup pada angka 56 – 72 sebanyak 2 orang (4,65%). Penelitiannya yaitu data hasil penelitian positif. Hasil yang ditetapkan adalah α 0,05. Jika dilihat dari pengujian hipotesis melalui perhitungan uji “t†menunjukkan bahwa beda  = 2,00 >  = 0,22 dengan besar 1,80 % sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi faktor lain, maka terima Ha dan Ho ditolak. Oleh karena itu fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMK N 1 Pendopo PALI dapat dijadikan salah satu cara untuk mempermudah dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran apapun dan semua jurusan yang ada di sekolah tersebut.
References
Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
________. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Aunurrahaman.2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2011. “Proses Belajar Mengajarâ€, Jakarta: PT.Bumi Aksara
Satri, Meita. 2016. “Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyeganâ€. Fakultas Ekonomi, Volume 6 Nomor 5 2016 (1-8) (online) Universitas Negeri Yogyakarta. Email: meythasathree@gmail.com (diakses 11 juli 2019, 15:05).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sianipar, Edwar. 2017. Statistik Analisis Regresi & Korelasi. Indonesia-Palembang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.