Evaluasi Penggunaan Mols Terhadap Mata Kuliah Akuntansi Biaya 2

Authors

  • Audeva Azhar Muhamad Mulawarman University
  • Catur Sefti Nanda Mulawarman University

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4161

Keywords:

MOLS, Pembelajaran Daring, Akuntansi Biaya 2

Abstract

Proses pembelajaran di kampus dihentikan dan mahasiswa dihimbau
untuk belajar dari rumah sebagai langkah efektif untuk menghentikan penyebaran virus corona. Universitas Mulawarman sudah menyiapkan sebuah situs pembelajran daring yaitu MOLS. Situs ini membantu agar proses perkuliahan tetap berjalan ditengah situasi pandemi. Maka penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah sistem pembelajaran daring yang disediakan sudah efektif dan bisa menggantikan pembelajaran tatap muka di kampus dengan baik. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui pemberian kuesioner atau angket, kemudian analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa situs pembelajaran daring MOLS sudah cukup baik dan mudah di akses oleh mahasiswa. Diperlukannya peningkatan kualitas situs dengan penambahan fitur seperti audio visual (video teleconference) untuk menunjang proses pembelajaran, terutama pada mata kuliah Akutansi Biaya 2, dimana sebagian besar mahasiswa tetap memerlukan proses pembelajaran tatap muka untuk memahami materi dengan baik.

Author Biography

Audeva Azhar Muhamad, Mulawarman University

Sudent of School of Social and Polotical Sciences

References

Rusdiana, Emmilia Arianto Nugroho (2020) Respon Mahasiswa Aransyah M.F., Widyanto E.A., Hetami A.A. (2020). Exploring Competing Value Framework On How Professionals’job Satisfaction Affected By Organization Culture. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences. 99 (3). Crossref DOI: 10.18551/rjoas.2020-03.14. Diakses pada 10 Juni 2020.

Bilfaqih & Qomarudin (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Sleman: Deepublish. (https://www.researchgate.net/publication/291357185_Esensi_Penyusunan_Materi_Pembelajaran_Daring). Diakses pada 30 April 2020.

Choiri, Eril Obeit (2018). Pentingnya Akuntansi Biaya dalam Ekonomi Modern Saat Ini. (https://www.jurnal.id/id/blog/2018-pentingnya-akuntansi-biaya-dalam-lingkungan-ekonomi-modern-saat-ini/). Diakses pada 29 April 2020.

Djumena, Erlangga (2015) Apakah Bisnis Itu Berisiko? (https://money.kompas.com/read/2015/02/11/123049526/Apakah.Bisnis.Itu.Berisiko.?page=allhttps://money.kompas.com/read/2015/02/11/123049526/Apakah.Bisnis.Itu.Berisiko.?page=all). Diakses pada 29 April 2020.

Fadli, dr. Rizal (2020) Coronavirus. (https://www.halodoc.com/kesehatan/coronavirus). Diakses pada 29 April 2020.

Fisip Unmul (2013) 02. Program S1 Administrasi Bisnis. (https://www.fisip-unmul.ac.id/main/index.php/id/home/17-indonesian/halaman-statis/prodi/74-04-program-s1-administrasi-bisnis#visi-dan-misi). Diakses pada 29 April 2020.

Gallegas, Aubrey (2018). Penelitian Deskriptif Kuantitatif. (https://penalaran-unm.org/deskriptif-kuantitatif/). Diakses pada 30 April 2020.

Hariyono Spdmm (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Alternatif Sumber Belajar Dan Media Pendidikan Jarak Jauh. (https://www.kompasiana.com/hariyono21/55003ff4a33311c271510187/pemanfaatan-internet-sebagai-alternatif-sumber-belajar-dan-media-pendidikan-jarak-jauh). Diakses pada 29 April 2020.

Hidayat, Anwar (2012). Pengertian dan Penjelasan Penelitian Kuantitatif – Lengkap. (https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kuantitatif.html). Diakses pada 30 April 2020.

Kuntarto (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. (www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820). Diakses pada 30 april 2020.

Pane, dr. Merry Dame Cristy (2020) Virus Corona (COVID-19). (https://www.alodokter.com/virus-corona). Diakses pada 29 April 2020.

Rangga (2020). Manfaat Umum Akuntansi. (https://guruakuntansi.co.id/manfaat-akuntansi/). Diakses pada 29 April 2020.

Rusdiana & Nuhroho (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834). Diakses pada 13 April 2020.

Salamadian (2017). 10 Teknik Pengambilan Sampel dan Penjelasannya Lengkap (SAMPLING). (https://salamadian.com/teknik-pengambilan-sampel-sampling/). Diakses pada 7 Mei 2020.

Stan Akuntansi (2018). Pengertian Tujuan dan Manfaat Akuntansi Biaya. (https://www.stanakuntansi.com/2018/06/pengertian-tujuan-dan-manfaat-akuntansi.html). Diakses pada 29 April 2020.

Downloads

Published

2020-06-30