PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TIPE BEACH BALL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Titin Wulandari Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay
  • Depi Pramika Universita PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4307

Keywords:

Model Pembelajaran, Diskusi Kelas Tipe Beach Ball, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran diskusi kelas tipe beach ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen atau eksperimental pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menunujukkan bahwa thitung 5,277 > ttabel 1,999, sehingga berdasarkan kriteria Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran diskusi kelas tipe beach ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Prabumulih Tahun Pelajaran 2019/2020. Dimana besar pengaruhnya adalah 31,4% sedangkan sisanya (100-31,4) = 68,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Pramika, Depi. (2018). Implementasi Metode Pemberian Tugas dan Resitasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang. Pada tanggal 05 Mei 2018. (Online) https://scholar.google.co.id/citations?user=wm_D2C0AAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3Dwm_D2C0AAAAJ%26citation_for_view%3Dwm_D2C0AAAAJ%3Ad1gkVwhDpl0C%26tzom%3D-420. diakses tanggal 06 Agustus 2019.

Putri, Devi Nur Ahni Oktavia, Bukman Lian, dan Depi Pramika. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi. Volume 3 No. 1 (2019) hal. 77-88. http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v3i1.3290.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2015). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto, (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-06-30