PENGEMBANGAN E-MODUL AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENCATAT TRANSAKSI DALAM PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4311Keywords:
Penelitian Pengembangan, e-Modul AkuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-Modul Akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi dalam persamaan dasar akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan di Palembang yang valid dan praktis, serta untuk mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode peneltian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan produk Rowntree Model, sedangkan evaluasi produk menggunakan evaluasi formatif model Tessmer. Berdasarkan penelitian pengembangan ini, bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki potensial efek, dalam hal ini pada peserta didik kualitas hasil belajarnya sangat baik dan keaktifannya sangat tinggi dalam setiap pertemuan. Saran guru, dapat menjadikan bahan ajar ini sebagai inovasi baru dalam proses pembelajaran untuk dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa; sekolah, agar dapat meningkatkan fasilitas laboratorium dan memfasilitasi guru agar dapat mengembangkan bahan ajar dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswaReferences
Azhar, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dajamara. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Depdiknas. (2012). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Dick, W. & Carey, L. & Carey, J. (1985). The Systematic Design Of Instrruction, (5th ed). New York, NY: Longman.
Djaali & Muljono, (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Khadijah, N. (2009). Psikologi Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.
Miarso. Y. (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.
Mc Ashan, H. (1989), Competency Based Education : A Process for the improvement of education. New Jersey, NJ: Englewood Cliffs.
Philipus, E. (2008). 1st Step To Be A Designer Flash. Jakarta: Yescom
Pradana & Arief. (2012). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang.
Purwanto, Rahadi & Lasmono. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKOM).
Sardiman AM. (2000) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tesmer, & Martin. (1998). The Panning and Conduting Formative Evaluation. Kogan Page. London
Universitas Terbuka. (2002). Pemebelajaran dengan Modul. http:// pustaka.ut.ac.id/ puslata/online.php? menu=bmpshort detail2&ID=3. Diakses tanggal 12 Februari 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.