MODEL PEMBELAJARAN UNTUK KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Authors

  • Maria Vincentia Zai Universitas Pembangunan Jaya
  • Fitriyah Nurhidayah Universitas Pembangunan Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v4i2.4760

Keywords:

Kesulitan Belajar, Pengantar Akuntansi, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi, ditinjau dari metode dan media pembelajaran yang diinginkan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan data primer yaitu hasil wawancara dan kuesioner melalui g-form, serta data sekunder yaitu dokumentasi dari kajian-kajian literatur dengan teknik analisa kualitiatif. Model pembelajaran Contextual Learning and Teaching (CTL) merupakan solusi atas masalah, sebab model CTL mengakomodir diterapkannya keseluruhan metode pembelajaran yaitu diskusi, restirasi dan tanya jawab, serta media pembelajaran yaitu media produktif. Pada model CTL mahasiswa ditingkatkan keaktifan untuk mengeksplorasi materi yang diterima, mengaitkannya dengan masalah nyata, dan memberi hasil nyata atas pengetahuan yang diterima. Berfokus pada kemampuan mahasiswa dalam berpikir luas, mendalam, kritis, logis dan kreatif. Sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dari sisi proses maupun hasil pembelajaran.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Afandi, Muhammad, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri & Azwan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta .

Ghofur, Muhammad Abdul. (2019). Media Pembelajaran Naratif. Diakses pada 7 Juli 2020 pukul 01.13 WIB. https://maglearning.id/2019/05/21/media-pembelajaran-naratif/.

Ghofur, Muhammad Abdul. (2019). Media Pembelajaran Interaktif. Diakses pada 7 Juli 2020 pukul 01.34 WIB. https://maglearning.id/2019/05/22/media-pembelajaran-interaktif/.

Ghofur, Muhammad Abdul. (2019). Media Pembelajaran Adaptif. Diakses pada 7 Juli 2020 pukul 01.45 WIB. https://maglearning.id/2019/05/24/media-pembelajaran-adaptif/.

Ghofur, Muhammad Abdul. (2019). Media Pembelajaran Komunikatif Diakses pada 7 Juli 2020 pukul 02.17 WIB. https://maglearning.id/2019/05/23/media-pembelajaran-komunikatif/.

Ghofur, Muhammad Abdul. (2019). Media Pembelajaran Produktif. Diakses pada 7 Juli 2020 pukul 02.39 WIB. https://maglearning.id/2019/05/25/media-pembelajaran-produktif/.

Hamdani. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ina. 20 Macam Macam Metode Pembelajaran Lengkap. Diakses pada 6 Juli 2020 pukul 19.29 WIB. https://dosenpsikologi.com/macam-macam-metode-pembelajaran/.

Isjoni dan Mohd. Arif Ismail. (2008). Model - Model Pembelajaran Muktahir. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. (1996). Model of Teaching. Boston: Allyn and Bacon Publisher.

Martin & Hendrik. (2017). Analisa Faktor Ketidakmampuan Transfer Belajar (Transfer of Learning) Mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol. 2, No. 1, Januari 2017. Hal 2.

Melinda, Firahanggi Inwari. (2018). Kreativitas Guru PAI Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi Pada Program Studi Strata 1 Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Hal. 87-94. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8750/.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Mulya Saran.

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Siduarjo: Nizamia Learning Center.

Pujiatri, Puput. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas XI IS 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Pada Program Studi Strata 1 Universitas Sebelas Maret. Hal. 7-24. https://core.ac.uk/download/pdf/12350241.pdf.

Rossana, Laila. (2017). Analisa Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Media Pembelajran Dasar-Dasar Perbankan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Pada Program Studi Strata I Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hal. 75-77. http://eprints.ums.ac.id/54705/1/PUBLIKASI%20ILMIAH.pdf.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamento. (2008). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Suparman, A. (1993). Desain Instruksional. Jakarta: Pusat Antar Universitas, Universitas Terbuka.

Siti, Murtiyani. (2000). Pengaruh Kesempatan Pembelajaran Organisasi, Kualitas Pengajaran, dan Orientasi Profesional pada Hubungan antara Partisioasi Dosen dalam Pengambilan Keputusan dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jakarta: Seminar Nasional Akuntansi III-IAI KPad, Jakarta. https://repository.ugm.ac.id/44843/

Sitinjak, L & Apriyanus, U.K. (2016). Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya. Volume 2, Nomor 2, September 2016 ISSN 2442-501X. Hal 23-24.

Downloads

Published

2020-12-31