PENGARUH METODE THINK PAIRS SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMEA TAQWA BELITANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v4i2.5048Keywords:
Think Pairs Share, Hasil Belajar, Eonomi, SMEA Taqwa BelitangAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode think pairs share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMEA Taqwa Belitang OKU Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui ujii “t†maupun uji “F†sama-sama menunjukkan hasil yang sama yaitu pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode thunk pair share pada mata pelajaran ekonomi materi uang di SMEA Taqwa Belitang OKU Timur. Pengaruh yang sangat kuat dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode think pair share di kelas X IPS 3 (kelas eksperimen), proses belajar mengajar sangat efektif dan aktif dibanding kelas X IPS 2 (kelas kontrol) yang tidak menggunakan metode think pair shareReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa di Univsersitas PGRI Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Vol. 5, No. 05 (2018) hal: 177-182.
Masnunah. (2018). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Menulis Teks Berita Pada Mahasiswa. Wahana Didaktika, Vol. 16 No. 2 (2018) hal: 235-242
Putri, Devi Nur Ahni Oktavia dkk. (2019). Pengaruh Model embelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Srijaya Negara Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, Vol. 3 No. 1 (2019) hal: 77-88
Riduan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2010.) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Yulaini, Erma dkk. (2020). Perbedaan Hasil Pembelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Time Token dan Think Talk Write. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol. 7 No. 1, (2020) hal 1-12 DOI:https://doi.org/10.36706/jp.v7i1.11216
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.