HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA SETIA DARMA PALEMBANG

Authors

  • Eva Tamara Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang
  • Riswan Aradea Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v4i2.5066

Keywords:

Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan kewirausahaan dan minat berwirausaha dengan hasil belajar pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kelas XI di SMA Setia Darma Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan nilai rata-rata angket pengetahuan kewirausahaan yaitu sebesar 80,44%, rata-rata angket minat berwirausaha sebesar 81,62% dan rata-rata hasil belajar sebesar 89,57%. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan yaitu Fhitung 5,0 > Ftabel 3,16 maka terima Ha dan tolak Ho yang berarti ada hubungan pengetahuan kewirausahan dan minat berwirausaha dengan hasil belajar di SMA Setia Darma Palembang.

References

Anggraeni, B. & Hamanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pamalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. X No 1, 42-52.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Basir, D & Amrina, D. (2017). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan Universitas Sriwijaya 2017.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trisnawati, N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Dukungan Sosial Keluarga pada Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Pemekasan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 2 No. 1, 57-71.

Yunda, S.P. (2013). Hubungan Antara Adversity Quotient dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Pemasaran di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol. 1 No.1.

Downloads

Published

2020-12-31