ANALISIS PENGELOLAAN UANG SAKU PADA ANAK DI SMP NEGERI 03 BP PELIUNG KABUPATEN OKU TIMUR

Miftakhur Rohmah, Rafika Rahmadani, Puput Julia Rosmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa SMP N 03 dalam mengelola uang saku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tekhnik pengambilan sampel dengan Purpose sampling pada kelas VII sebanyak 14 informan, setting penelitian di SMP N 03 BP Peliung pada Bulan Maret 2021. Dari hasil penelitian pengelolaan uang saku belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari keseharian siswa dalam membelanjakan uang jajannya yang hanya dipergunakanmembeli  jajan di sekolah. Adapun siswa yang menyisihkan uang saku dari perolehan uang jajan yang diberikan orang tua setiap harinya nantinya dipergunakan untuk kegiatan yang konsumtif di luar sekolah. Belum terdapat siswa yang mengelola uang saku untuk kegiatan yang produktif. Hal-hal yang dapat mempengaruhi siswa dalam mengelola uang saku adalah lingkungan, lingkungan keluarga merupakan kunci pokok pengajaran keuangan. Melek literasi financial perlu disosialisasikan agar pendidikan keuangan untuk anak dapat tersampaikan dan teraplikasikan dikehidupan sehari-hari.


Keywords


Analisis, Pengelolaan Uang Saku, pada Anak SMP

Full Text:

PDF

References


Riadin, A., & Fitriani, C. L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1-5.

Hidayat, Z. (2016). Pengaruh stres dan kelelahan kerja terhadap kinerja guru SMPN 2 Sukodono di kabupaten lumajang. WIGA-Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 6(1), 36-44.

Affandi, F. (2020). Fungsi Uang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Eksya: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 80-91.

Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2019). Penerapan Mental Accounting Dalam Edukasi Pengelolaan Keuangan Tim Basket SWS. Jurnal Profesi Pendidik, 5.

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8-25.

Creswell,W.J. (2012). Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston : Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5470

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online)

Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang
Gedung E Lantai 1
Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
E-mail: jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Website: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index

Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License