ANALISIS PENGELOLAAN UANG SAKU PADA ANAK DI SMP NEGERI 03 BP PELIUNG KABUPATEN OKU TIMUR

Authors

  • Miftakhur Rohmah STKIP Nurul Huda Sukaraja
  • Rafika Rahmadani STKIP NURUL HUDA SUKARAJA
  • Puput Julia Rosmana STKIP NURUL HUDA SUKARAJA

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5470

Keywords:

Analisis, Pengelolaan Uang Saku, pada Anak SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa SMP N 03 dalam mengelola uang saku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tekhnik pengambilan sampel dengan Purpose sampling pada kelas VII sebanyak 14 informan, setting penelitian di SMP N 03 BP Peliung pada Bulan Maret 2021. Dari hasil penelitian pengelolaan uang saku belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari keseharian siswa dalam membelanjakan uang jajannya yang hanya dipergunakanmembeli  jajan di sekolah. Adapun siswa yang menyisihkan uang saku dari perolehan uang jajan yang diberikan orang tua setiap harinya nantinya dipergunakan untuk kegiatan yang konsumtif di luar sekolah. Belum terdapat siswa yang mengelola uang saku untuk kegiatan yang produktif. Hal-hal yang dapat mempengaruhi siswa dalam mengelola uang saku adalah lingkungan, lingkungan keluarga merupakan kunci pokok pengajaran keuangan. Melek literasi financial perlu disosialisasikan agar pendidikan keuangan untuk anak dapat tersampaikan dan teraplikasikan dikehidupan sehari-hari.

Author Biography

Miftakhur Rohmah, STKIP Nurul Huda Sukaraja

Jl. Kota baru Sukaraja RT.03/09 Kec. Buay Madang Kab. OKU Timur Sumatera SElatan

References

Riadin, A., & Fitriani, C. L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1-5.

Hidayat, Z. (2016). Pengaruh stres dan kelelahan kerja terhadap kinerja guru SMPN 2 Sukodono di kabupaten lumajang. WIGA-Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 6(1), 36-44.

Affandi, F. (2020). Fungsi Uang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Eksya: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 80-91.

Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2019). Penerapan Mental Accounting Dalam Edukasi Pengelolaan Keuangan Tim Basket SWS. Jurnal Profesi Pendidik, 5.

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8-25.

Creswell,W.J. (2012). Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston : Pearson.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Downloads

Published

2021-06-30