PENERAPAN THE LAW OF REPETITION DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5692Keywords:
Hukum, Pengulangan, Kompetensi, Pretest, Posttest.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukum pengulangan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membuat laporan keuangan berbasis SAK ETAP di Politeknik Negeri Bengkalis. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis Program Studi Akuntansi Publik Terapan semester 6 (enam) yang telah mengikuti pelatihan akuntansi berbasis hukum pengulangan.. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil tes mahasiswa Program Sarjana Akuntansi Terapan Keuangan Publik semester 6 setelah diberikan pelatihan untuk melaksanakan tes yang nilainya sangat meningkat sebelum diberikan pelatihan. Nilai rata-rata setelah diberikan pelatihan meningkat dari 50 menjadi 98,6.References
Hassan, H. (2011). Law of Repetition Hukum Pengulangan. Ufuk Press.
Indonesia, I. A. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas. Tanpa Akuntabilitas publik ( SAK ETAP). Jakarta: Salemba Empat.
Misnawati, T. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi Segi Empat Kelas VII SMPN 9 Haruai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Sagacious, 4(1), 77-86.
Nasional, D. P. (2005). Undang-undang nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.
Rosmida, R., & Suharyono, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pengajaran, Faktor Internal dan Faktor Eskternal Secara Simultan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 10(2), 1-7.
Suharyono, S. (2019). Pengaruh Myob Test Clinic Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 2(2).
Suharyono, S. (2019). Profesionalisme Mahasiswa Akuntansi dan Mahasiswa Administrasi Bisnis dalam Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 11(2), 85-92.
Suharyono, S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Audit Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 48-55.
Widodo, T., & Suharyono, S. (2021). Pengaruh Perencanaan Serta Pelaksanaan Dan Penatausahaan Terhadap Pertanggungjawaban Keuangan BUMDESA di Kabupaten Bengkalis. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 5(1), 35-46.
Zai, M. V., & Nurhidayah, F. (2020). Model Pembelajaran Untuk Kesulitan Belajar Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), 155-171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.