PENERAPAN THE LAW OF REPETITION DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI

Suharyono Suharyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukum pengulangan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membuat laporan keuangan berbasis SAK ETAP di Politeknik Negeri Bengkalis. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis Program Studi Akuntansi Publik Terapan semester 6 (enam) yang telah mengikuti pelatihan akuntansi berbasis hukum pengulangan.. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil tes mahasiswa Program Sarjana Akuntansi Terapan Keuangan Publik semester 6 setelah diberikan pelatihan untuk melaksanakan tes yang nilainya sangat meningkat sebelum diberikan pelatihan. Nilai rata-rata setelah diberikan pelatihan meningkat dari 50 menjadi 98,6.

Keywords


Hukum, Pengulangan, Kompetensi, Pretest, Posttest.

Full Text:

PDF

References


Hassan, H. (2011). Law of Repetition Hukum Pengulangan. Ufuk Press.

Indonesia, I. A. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas. Tanpa Akuntabilitas publik ( SAK ETAP). Jakarta: Salemba Empat.

Misnawati, T. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Materi Segi Empat Kelas VII SMPN 9 Haruai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Sagacious, 4(1), 77-86.

Nasional, D. P. (2005). Undang-undang nomor 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Jakarta: Depdiknas.

Rosmida, R., & Suharyono, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pengajaran, Faktor Internal dan Faktor Eskternal Secara Simultan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 10(2), 1-7.

Suharyono, S. (2019). Pengaruh Myob Test Clinic Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, 2(2).

Suharyono, S. (2019). Profesionalisme Mahasiswa Akuntansi dan Mahasiswa Administrasi Bisnis dalam Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kontemporer, 11(2), 85-92.

Suharyono, S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Audit Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 48-55.

Widodo, T., & Suharyono, S. (2021). Pengaruh Perencanaan Serta Pelaksanaan Dan Penatausahaan Terhadap Pertanggungjawaban Keuangan BUMDESA di Kabupaten Bengkalis. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 5(1), 35-46.

Zai, M. V., & Nurhidayah, F. (2020). Model Pembelajaran Untuk Kesulitan Belajar Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), 155-171.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5692

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online)

Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang
Gedung E Lantai 1
Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
E-mail: jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com
Website: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index

Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License