PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK PEMBINA 1 PALEMBANG

Authors

  • Riris Andesta Universitas PGRI Palembang
  • Neta Dian Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Nova Pratiwi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5717

Keywords:

Sumber belajar, hasil belajar, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Pembina 1 Palembang. Metode penelitian adalah kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 155 siswa, sampel dalam penelitian diambil secara Cluster Random Sampling sebanyak  112 siswa. Teknik pengumpulan data sumber belajar menggunakan  angket dan hasil belajar mengunakan  dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil penelitian menujukan ada pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Pembina 1 Palembang. pengujian hipotesis thitung  sumber belajar sebesar 6.337 dengan ttabel sebesar 1,9815, sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Pembina 1 yaitu 26,1%. Penggunaan sumber belajar di dalam proses belajar mengajar sudah dikatagoriakan baik yaitu sebesar 78% dari semua indikator sumber belajar.

References

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Basir, D., & Amrina, D. E. (2017). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Farida, I., & Salim, I. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5).

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10127

Lismawati, L., Ahmad, S., & Lestari, N. D. (2019). Hubungan Antara Pendekatan Pembelajaran Peer Group Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Palembang. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2).

https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2514

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Group.

Qahfi, M., Norhayatun, N., & Fitriaty, M. (2020). Pengaruh Sumber Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan, 6(1), 25-33.

http://ejurnal.stkipmsampit.ac.id/index.php/Pendidikan/article/view/106.

Solikhah, Anggriani (2018) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi : Survey Pada Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri Kota Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia

http://repository.upi.edu/34938/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-30