PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK PEMBINA 1 PALEMBANG

Riris Andesta, Neta Dian Lestari, Nova Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Pembina 1 Palembang. Metode penelitian adalah kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 155 siswa, sampel dalam penelitian diambil secara Cluster Random Sampling sebanyak  112 siswa. Teknik pengumpulan data sumber belajar menggunakan  angket dan hasil belajar mengunakan  dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil penelitian menujukan ada pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Pembina 1 Palembang. pengujian hipotesis thitung  sumber belajar sebesar 6.337 dengan ttabel sebesar 1,9815, sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan di SMK Pembina 1 yaitu 26,1%. Penggunaan sumber belajar di dalam proses belajar mengajar sudah dikatagoriakan baik yaitu sebesar 78% dari semua indikator sumber belajar.

Keywords


Sumber belajar, hasil belajar, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Basir, D., & Amrina, D. E. (2017). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Farida, I., & Salim, I. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5).

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10127

Lismawati, L., Ahmad, S., & Lestari, N. D. (2019). Hubungan Antara Pendekatan Pembelajaran Peer Group Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Palembang. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2).

https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2514

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Depok: Prenadamedia Group.

Qahfi, M., Norhayatun, N., & Fitriaty, M. (2020). Pengaruh Sumber Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan, 6(1), 25-33.

http://ejurnal.stkipmsampit.ac.id/index.php/Pendidikan/article/view/106.

Solikhah, Anggriani (2018) Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi : Survey Pada Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri Kota Bandung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia

http://repository.upi.edu/34938/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online)

Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang
Gedung E Lantai 1
Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
E-mail: jurnalneraca.pakunpgriplg@gmail.com / jurnalneraca.pakunpgriplg@univpgri-palembang.ac.id
Website: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index

Creative Commons License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License