PENGARUH MODAL MINIMAL INVESTASI DAN RETURN TERHADAP MINAT INVESTASI MASYARAKAT KOTA PALEMBANG DI PASAR MODAL

Authors

  • M. Yusuf Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Yahya Yahya Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Abd. Hamid Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v5i1.5889

Keywords:

Modal Minimal Investasi, Return, Minat Investasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal minimal investasi dan motivasi investasi terhadap minat investasi masyarakat Kota Palembang di pasar modal. Metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan tehnik purposive sampling yaitu responden yang memiliki akun di pasar modal. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil uji partial menunjukkan bahwa modal minimal investasi berpengaruh terhadap minat investasi, namun tidak untuk variabel return. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi variabel modal minimal investasi sebesar ,000 < 0,05, sedangkan untuk variabel return diperoleh nilai 0,319 > 0,05. Sedangkan hasil untuk uji simultan menunjukkan bahwa modal minimal investasi dan return berpengaruh sigifikan terhadap minat investasi

References

Aini, N., Maslichah, M., & Junaidi, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi Return, Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(05)

BAPPENAS. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. Dikutip dari: https://www.bappenas.go.id/id/data-dan-informasi-utama/dokumen-perencanaan-dan-pelaksanaan/dokumen-rencana-pembangunan-nasional/rpjp-2005-2025/rpjmn-2015-2019/

BEI perwakilan Sumatera Selatan. (2021). Statistik Data Investor. Palembang

Keputusan No. Kep-0071/BEI/11/2013. Modal minimal investasi di pasar modal

Lupiyoadi, Rambat dan Ridho Bramulya Ikhsan. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Purboyo, P. Zulfikar, R. & Wicaksono, T. (2020). Pengaruh Aktifitas Galeri Investasi, Modal Minimal Investasi, Persepsi Risiko dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah (Studi pada Mahasiswa Uniska MAB Banjarmasin). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(2). 136-150.

Riyadi, Adha. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga. Tesis. Program Studi Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Saputra, D. (2018). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi, dan Edukasi Pasar Modal terhadap Minat dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5(2), 178-190. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A & Purwohandoko. (2018) .Pengetahuan Investasi Kebijakan Modal MinimalInvestasi, Pelatihan PasarModal Terhadap MinatInvestasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa FE Unesa YangTerdaftar di GaleriInvestasi FE Unesa)

Zulpiana. (2019). Pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Return Saham Terhadap Minat Investasi STIE NOBEL Indonesia Makassar Berinvestasi di Pasar Modal. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-30