Persepsi Siswa SMA PGRI 4 Palembang Terhadap Pembelajaran Ekonomi Secara Daring

Authors

  • Septa Aprizal Universitas PGRI Palembang
  • Neta Dian Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Nurlina Nurlina Universitas PGRI Palembang
  • Januardi Januardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.6225

Keywords:

Pembelajaran, Ekonomi, Daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap topik ekonomi online pada masa pandemi Covida di SMA PGRI 4 Palembang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan atau menjelaskan kajian tentang persepsi siswa terhadap topik ekonomi pada masa pandemi Covid Online di SMA PGRI 4 Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan alat bantu berupa angket persepsi mahasiswa terhadap topik ekonomi pada saat pandemi Covid Online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi sebagian siswa tentang topik ekonomi online selama pandemi Covida di SMA PGRI 4 Palembang pada tahun 2021, pada kategori sedang. Karena hasil rata-rata, sebagian besar siswa melaporkan bahwa pembelajaran ekonomi online tidak sepenuhnya efektif.

References

Adhia, H. D. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Ips Di Sma Negeri 3 Kota Solok. Jurnal Pendidikan. Vol 2. Nomor 2, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Penelitian Pendidikan Islam. Vol 10. Nomor 1, 193-195.

Dinar, M. D. (2018). Pengantar Ekonomi. Palopo: Iain Palopo.

Firdaus. (2020). Virus Coronaa Dalam Perspektif Sunnah. Jurnal Kajian Al-Qur'an Dan Tafsir. Vol 5. Nomor 1, 13-16.

Handayani, D. (2020). Majalah Resmi Perhimpunan Dokter Paru Official Journal Of The Ondonesia Society Of Respirology. Respirologi Indonesia. Vol 40. Nomor 2, 122-126.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Of Education, Psychology And Counseling. Vol 2. Nomor 1, 146-147.

Hasan, M. D. (2020). Buku Saku Ekonomi. Maakassar: Universitas Negeri Makassar.

Hasanah, R. D. (2016). Gambaran Persepsi Guru Terhadap Blended Learning. Jurnal Pemikiran Dn Penelitian Psikologi. Vol 11. Nomor 3, 129-134.

Listyana, R. D. (2013). Persepsi Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa Dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jongrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Tahun 2003). Jurnal Agustya. Vol 5. Nomor 1, 118-121.

Mulyanto, E. D. (2017). Sejarah Teori- Teori Ekonomi. Banten: Unpam Press.

Maryani, M., Lestari, N. D., & Aradea, R. (2022). Persepsi Siswa SMA Negeri 3 Palembang Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2021-2022. Journal of Education Research, 3(1), 13-21.

Normalasari. (2016). Persepsi Siwa Terhadap Proses Pembelajaran Ips Berbantuan Media Di Kelas Iv Dan V Sdn Banjarbaru Utara 2. Lentera Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 11. Nomor 1, 64.

Normasari, I. D. (2019). Pengantar Ilmu Ekonomi. Tanggerang: Unpam Press.

Safri, H. (2018). Pengantar Ilmu Ekonomi. Palopo: Iain Palopo.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pendemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. Edisi Khusus. Nomor 1, 1-3.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Sumantri, E. D. (2016). Materi Pokok Pembinaan Generasi Muda. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Sumantri, M. (2017). Materi Pokok Perkembangan Peserta Didik. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan daring sebagai sarana pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).

Downloads

Published

2022-06-30